Bupati Herry Nap: Festival BMW Mengangkat Budaya Membingkai Pesona

Pembukaan Festival Biak Munara Wampasi ditandai dengan pemukulan Tifa bersama oleh Bupati Biak Numfor dan tamu undangan Muspida, Senin (1/7)/Albert


BIAK NUMFOR- Festival Biak Munara Wampasi (FBMW) ke 7 tahun 2019 yang berlangsung meriah di Biak dengan sorotan tema 'Mengangkat Budaya, Membingkai Pesona'. 

Demikian ungkapan Bupati Biak Numfor, Herry Nap pada acara pembukaan Festival BMW, Senin (1/7) di lapangan Cenderawasih Biak. 

Dikatakan Herry, festival BMW yang ke-1 hingga saat ini merupakan agenda Nasional yang setiap tahunnya dilaksanakan. 

Menurut Bupati, kemeriahan festival BMW ini tidak sampai disini, namun pada tahun 2020 mendatang festival BMW harus lebih meriah dari tahun ini dan tahun sebelumnya. 

Kata Herry, pelaksanaan festival BMW bagian dari promosi budaya dan adat Papua, khusus adat Biak, maka di momen seperti ini bagian dari jatih diri orang Biak untuk menampilkan dan mengangkat budaya adat Biak ke publik, bukan saja lokal tapi regional, Nasional hingga mancanegara.

Oleh sebab itu, Bupati mengajak seluruh elemen baik dari TNI, Polri, pimipinan BUMD yang ada di Biak Numfor untuk menjadi panitia bersama dalam menyiapkan festival BMW di tahun 2020.

"Jadi kalau pada Festival BMW yang pertama hingga ke tujuh ini merupakan tanggung jawab pemda Biak Numfor, maka tahun 2020 kita akan lakukan panitia bersama untuk lebih merihakan festival BMW" pesan Bupati.

Pada kesempatan momen ini, Bupati mengajak seluruh tamu wisatawan lokal di tanah Papua, wisatwan domestik dan wisatawan mencanegara untuk menikmati indahnya alam pesona Biak, adat istiadat suku orang Biak Numfor.

Dia pun berjanji bahwa melalui kepemipinan selama 4 tahun kedepan akan mengelola, menata dan memenets berbagai budaya dan kearifan lokal Biak untuk dipertontonkan kepada publik.

Lanjutnya, sektor Pariwisata dan sektor Perkinanan masih menjadi sektor unggulan Biak Numfor. Bahkan Pariwisata Biak Numfor akan menggunakan istilah kerja, kerja dan kerja membangun pariwisata di Biak.

"Kalau memang pemda Biak Numfor jadikan sektor pariwisata dan perikanan menjadi sektor unggulan, maka mari semua pihak mendukung, baik itu eksekutif maupun legislatif untuk berani membajet anggaran untuk dua sektor ini lebih baik" pesan Bupati Herry.

Menurutnya, infrastruktur penunjang pariwisata harus dibangun sehingga sektor pariwisata lebih dikenang oleh setiap kedatangan wisatawan ke Biak, sebab sektor pariwisata lebih maju ketika didukung infrastrukturnya.

Dalam sambutannya itu, Bupati juga mengimbau kepada seluruh ASN dan elemen masyarakat Biak mendukung dan mengawal jalannya festivak BMW ini.

Terutama kepada pimpinan OPD, kepala distrik, kepala lurah, dan kepala kampung untuk tidak keluar Biak dan melayani setiap tamu wisatwan selama berlangsungnya Festival BMW.

Dia akhir sambutannya, Bupati Herry mengatakan bahwa terlaksana Festival BMW ini harus mendatangkan inkam dan mensejahterakan masyarakat Biak.*