Polres Puncak Jaya Gelar Lomba Memanah Tradisional

Salah satu peserta yang mengikuti perlombaan memanah tradisional/Humas

JAYAPURA - Dalam rangka perayaan HUT Bhayangkara ke 73 pada 1 Juli mendatang, Polres Puncak Jaya menggelar perlombaan memanah tradisional yang dilaksanakan di lapangan alun-alun Monumen Roh Kudus Mulia, Puncak Jaya, Sabtu (29/6) pagi.

Kapolres Puncak Jaya Ary Purwanto, S.IK menerangkan, dalam perlombaan memanah menggunakan panah tradisional yang diselenggarakan sangat mendapatkan antusias tinggi dari warga masyarakat lokal mengingat memanah merupakan tradisi warga lokal khususnya di wilayah pegunungan tengah Papua.

"Perlombaan memanah ini mendapat antusias tinggi dari masyarakat terbukti ada 500 peserta yang mendaftar," terangnya.

Ia pun berharap melalui perlombaan memanah ini dapat menyampaikan pesan moral kepada masyarakat, bahwa panah digunakan untuk memburu bukan untuk saling serang atau membunuh.

“Sebagai mana kita ketahui semua bahwa panah adalah suatu hal yang begitu familiar dan biasanya mereka menggunakan untuk berburu binatang maupun perang antar kampung sehingga dengan kegiatan perlombaan ini kita membawa pesan bahwa panah merupakan alat olahraga bukan untuk berperang dan digunakan untuk hal-hal yang positif," terangnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua panitia perlombaan panahan tradisional Iptu Dorteus Jemalut. Ia menjelaskan bahwa dengan perlombaan panahan tradisional ini masyarakat dapat berpikir bahwa panah bukan digunakan untuk berperang. *