Bupati Jayapura Ajak Masyarakat Jangan Pesimis Soal Pelaksanaan PON di Papua

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw saat membuka sosialisasi PON XX kepada masyarakat di Sentani/Andy

SENTANI - Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw mengajak seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Jayapura dan Papua pada umumnya untuk tidak bersikap pesimis terkait pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua.

“Kita tidak boleh pesimis terkait pelaksanaan PON di Papua. Kita harus optimis bahwa PON pasti dilaksanakan, kita sukseskan PON pertama di Papua,” kata bupati kepada wartawan usai membuka kegiatan Sosialisasi PON XX kepada sejumlah komponen masyarakat di Sentani, Kamis (27/6).

Menurutnya, saat ini pemerintah provinsi maupun kabupaten tengah/kota tengah bekerja untuk mempersiapkan fasilitas infrastruktur maupun atlet untuk ajang empat tahunan tersebut. Sehingga semua masyarakat harus mensuport pemerintah.

“Kami terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Papua dan sejumlah lembaga berkompeten lainnya guna memastikan Papua siap menjadi tuan rumah PON. Jadi jangan pesimis, kita pasti akan sukseskan pelaksanaan PON pertama di Papua ini,” ujar bupati.

Bupati mengaku, pembangun infrastruktur PON XX yang di bangun di Kabupaten Jayapura hingga hari ini telah mencapai 50 persen dan diprediksi selesai sebelum pelaksanaan PON tahun 2020.

“Pembangunan venue sementara proses pekerjaan, kita perkirakan awal tahun hingga ke pertengahan tahun depan dipastikan semua infrastruktur penunjang PON XX tahun 2020 di Kabupaten Jayapura selesai dan siap digunakan,” akunya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jayapura, Yaan Yoku menjelaskan, untuk mensukseskan pelaksanaan PON tersebut,  pihaknya sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis terus melakukan pemantauan terhadap pembangunan infrastruktur PON XX tahun 2020 dan pembangunan sejumlah infrastruktur lainnya.

“Kita bisa lihat semua infrastruktur PON XX tahun 2020 di wilayah ini telah mulai dibangun. Saat ini persentasi pembangunannya sudah diatas 50 persen. Jadi kami dari Kabupaten Jayapura siap mensukseskan PON XX ini,” ucapnya.

Yaan menyebut, pada pelaksanaan PON XX tahun 2020 mendatang, Kabupaten Jayapura dipercayakan untuk menggelar 13 cabang olahraga (Cabor) diantaranya, Sepakbola, Renang, Bulu Tangkis, menembak Indoor dan Outdoor, Kriket, Hoky, Wushu, Tarung Drajat, Selam dan Dayung.

“Seluruh infrastruktur untuk cabang olahraga ini dipastikan sudah siap bulan Juni 2020. Dan pada Agustus sudah bisa tes ivent sebelum pelaksanaan PON bulan Oktober 2020,” terangnya. *