Jika Menpora Saja Optimis Papua Siap Jadi Tuan Rumah PON, Kenapa Kita Tidak?

Menpora RI, Imam Nahrawi / Djarwo

JAYAPURA - Jelang beberapa bulan menuju perhelatan akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, masih saja terdengar suara-suara sumbang dari para sekumpulan kaum pesimis.

Pasalnya, banyak yang menilai jika kesiapan Provinsi Papua sebagai tuan rumah PON XX terkesan lamban, mulai dari gaungnya hingga pembangunan sejumlah venue yang baru hanya wilayah Jayapura dan Mimika yang menunjukkan progres signifikan.

Namun, Menpora RI, Imam Nahrawi meyakinkan kepada publik Indonesia, jika Provinsi Papua sudah benar-benar siap sebagai tuan rumah PON XX tahun 2020 mendatang. Hal ini sudah dibuktikannya sendiri, setelah dirinya secara langsung mengunjungi sejumlah venue PON, termasuk stadion megah Stadion Papua Bangkit.

"Semua venue pasti on progress dan tentu saya sangat percaya dengan kinerja kementerian PU dan teman-teman pemerintah provinsi Papua, apalagi kita sudah punya pengalaman menggelar Asian Games yang mestinya membutuhkan 5 tahun, tapi hanya diberikan 3 tahun dan itu bisa selesai tepat waktu," ujar Menpora kepada wartawan, Jumat (21/6).

Menpora bukan hanya asal optimis, tapi karena dia tahu ada SDM-SDM berkompeten di balik layar suksesnya Asian Games di Jakarta, yang kini turut campur tangan untuk menyukseskan PON pertama di Papua.

Itu sebabnya Menpora meminta kepada publik untuk tak perlu pesimis dengan persiapan yang tengah digarap oleh Provinsi Papua dalam menyambut perhelatan PON XX.

"Kita punya SDM-SDM terbaik yang dulu berpengalaman di Asian Games, dan saya sangat optimis mereka bisa menyelesaikan semuanya tepat waktu, kita harus terus support dan dukung terus agar bisa menjadi semangat kita untuk bisa tuntas dengan baik," pungkasnya.

Lalu, jika Menpora saja sudah melayangkan keoptimisannya terhadap kesiapan Papua sebagai tuan rumah PON XX, kenapa kita tidak? *