Wagub dan Kepala Bappeda se-Papua Barat Kunker ke Pemda Banyuwangi

- Bupati Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Abdullah Azwar Anas menerima kunjungan kerja Wagub Papua Barat, Mohamad Lakotani dan rombongan Kepala Bappeda kabupaten/kota se-Papua Barat, Rabu (12/6)/Istimewa

MANOKWARI- Bupati Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Abdullah Azwar Anas menerima kunjungan kerja Wagub Papua Barat, Mohamad Lakotani dan rombongan Kepala Bappeda kabupaten/kota se-Papua Barat, Rabu (12/6).

Kunjunga kerja (Kunker) Wagub dan rombongan ke Banyuwangi terkait proses perencanaan dan pengawasan program.  Sasaran mereka untuk kegiatan prioritas ke distrik dan kampung terpilih di daerah Banyuwangi.

Rombongan Wagub diterima Bupati Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur di Pendopo Sabha Swagata Blambangan. Kegiatan Bappeda se-Papua Barat merupakan bentuk kerjasama dengan Pemda Banyuwangi.

Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani mengatakan, berapa kali bertemu dengan Bupati Banyuwangi salah satunya dalam kegiatan otonomi daerah, memantapkan Papua Barat untuk berkunjung dan bertukar pengalaman dengan Kabupaten Banyuwangi.

Hal ini juga diapresiasi Dirjen Otda Kemendagri yang sempat bertemu di Jakarta bahwa kunjungan ke Kabupaten Banyuwangi sangat tepat.

“Apa yang disampaikan Banyuwangi itu akhirnya mendorong saya datang kemari untuk mempelajari banyak hal. Dan kami lebih bersyukur, ternyata Pak Anas yang menemui kami secara langsung,” ujar wagub.

Dijelaskan Wagub bahwa dalam kunjungan Pemprov Papua Barat ke Banyuwangi untuk mempelajari lebih jauh masalah proses pembangunan, mulai perencanaan hingga pengawasan.

Apalagi Papua juga mendapatkan dana otonomi khusus, sehingga pihaknya ingin mengoptimalkan dana tersebut untuk pembangunan dan kesejahteraan warga.

“Kami punya dana otsus, tapi kami sadar banyak kebutuhan masyarakat yang belum kita wujudkan. Kami terus cari cara supaya bisa optimalkan dana tersebut, salah satunya ya dengan sharing ke Banyuwangi ini,” tegas Lakotani.

Ia bersama kepala Bappeda se-Papua Barat, agar mereka semua memiliki pemahaman dan perspektif yang sama terkait pengelolaan dana pembangunan dan prosesnya. Sehingga dalam melaksanakan pembangunan nantinya bisa selaras.

Kata dia, Bappeda sebagai badan yang menangani perencanaan dan pengawasan program-program pemerintah Daerah tentunya diperlukan formula untuk menerapkan kebijakan daerah yang dapat di pelajari dari kabupaten Banyuwangi untuk diterapkan nantinya di Papua Barat.

Wagub juga mengatakan bahwa selain saling bertukar pengalaman, kunjungan ini juga salah satu wujud merekatkan ke Indonesiaan Papua Barat dan Banyuwangi yang memiliki keanekaragaman budaya, namun ada kesamaan dan perbedaan yang bisa di ambil.

Kegiatan dihadiri oleh Wakil Gubernur Papua Barat, Bupati & Wakil Bupati Banyuwangi , Asisten Administrasi Pembangunan & Kesra Pemkab Banyuwangi, Staf ahli Ekonomi keuangan pemkab Banyuwangi, Kepala Bappeda se Provinsi PB, Kepala Bappeda Kabupaten Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut baik romobongan Wagub dan Kepala Bappeda se Papua Barat. *