Sempat Hilang, Longboat Berisi 18 Penumpang Diselamatkan Nelayan

Penumpang longboat saat dievakuasi oleh nelayan di perairan tanjung kasuari Sorong/Ola

SORONG-Longboat berpenumpang 18 orang yang berangkat dari Distrik Kabare Kabupaten Raja Ampat dengan tujuan Sorong, yang sempat dinyatakan hilang kontak pada Senin (10/6), akhirnya ditemukan nelayan di perairan Kota Sorong, Selasa (11/6).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Sorong, Sunarto dalam keterangannya saat dimintai konfirmasi membenarkan bahwa sekitar pukul 10.00 WIT, long boat bersama 18 belas penumpangnya sudah di evakuasi nelayan dan dinyatakan selamat. 

Sunarto menuturkan bahwa longboat tersebut ditemukan berada di rumpon dilaut oleh sejumlah nelayan yang sedang melintas dan memberikan pertolongan dengan menarik long boat dan penumpang ke daratan.

 “Saat ini longboat dan kedelapan belas penumpang sudah berada di Tanjung Kasuari kota Sorong, mereka dibawa oleh nelayan setempat,” ucapnya.

Sebelumnya longboat berpenumpang 18 orang yang terdiri dari Danramil Kabare Kabupaten Raja Ampat, kepala puskesmas Kabare dan sejumlah mahasiswa serta masyarakat, berangkat sekitar pukul 05.00 dini hari Senin (10/6) dini hari dan dijadwalkan tiba di Sorong pukul 13.00 WIT. Namun karena mengalami mati mesin, long boat tersebut harus bersandar di rumpon dan berhasil dievakuasi ke darat oleh nelayan. 

"Kami basarnas sempat menerjunkan kapal baladewa untuk melakukan pencarian di sekitar perairan tempat longboat dinyatakan hilang, namun hasilnya nihil. Dandim dan sat polair Raja Ampat juga menurunkan anggota untuk membantu melakukan pencairan, namun hasilnya nihil. Tapi bersyukur mereka ditemukan selamat oleh nelayan di sekitar perairan tanjung kasuari,"pungkasnya.*