Idul Fitri Harus Jadi Momen Refleksikan Diri Hidup Rukun dan Berdampingan

Ribuan umat muslim di Kota Sentani mengikuti sholat Idul Fitri di halaman masjid Al-Aqsa Sentani/Andy

SENTANI – Sedikitnya 3500 umat muslim yang berada di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura mengikuti Sholat Idul Fitri 1440 Hijriah di halaman Masjid Al Aqsa Sentani, Rabu (5/6) pagi.

Ribuan umat muslim ini mulai mendatangi masjid Al Aqsa sekitar pukul 06.15 WIT dan mengikuti yang dipimpin langsung oleh imam Taufik Muhammad dan khatib Tri Bowo Budi Santoso.

Dalam ceramah yang dibawakan oleh haji Tri Bowo Budi Santoso yang juga Danlanud Silas Papare Jayapura menyerukan agar Idul Fitri 1440 Hijriah menjadi momen bagi umat muslim untuk selalu hidup berdampingan dan berbagi satu dengan yang lain.

“Pada dasarnya manusia tidak hidup sendiri, sehingga kita harus hidup bersama. Dan di moment idul fitri ini kita merefleksikan diri untuk selalu hidup rukun dan berdampingan antara satu dengan yang lain,” ujar Tri Bowo.

Selain itu, ia berharap agar kerukunan umat beragama yang ada di kabupaten jayapura ini terus terjaga sehingga mewujudkan Indonesia yang maju dan makmur.

“Semoga kita mengikuti apa yang di syariatkan didalam Al-Quran agar Indonesia makin maju, makmur dan sejahtera. Mau mencintai orang lain dan mau berbagi dengan sesama,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro, menyampaikan, dengan moment idul fitri ini menjadi perekat antar umat beragama di Kabupaten Jayapura.

“Komunikasi antarumat beragama di kabupaten Jayapura selama ini sudah tetap terjaga, mari kita pertahankan dan tingkatkan sehingga mewujudkan Indonesia yang aman dan damai yang dimulai dari Timur Indonesia,” ujarnya.

Pelaksanaan shalat idul fitri 1440 hijriah di halaman masjid Al-Aqsa Sentani turut dijaga oleh puluhan pemuda yang tergabung dalam Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Organisasi Kepemudaan Maluku Satu Rasa (M1R) Jayapura