Pangkoarmada III Ajak Semua Pihak Seperti Alunan Melodi

Pangkoarmada III berfoto bersama anak panti asuhan muslim Kokoda/Ola

SORONG-Komando Armada III (Koarmada) III menyelenggarakan acara Buka Puasa Bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Papua Barat, Kabupaten dan Kota Sorong, komponen masyarakat lainnya seperti Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan berbagai organisasi kemasyarakatan di gedung serba guna Mako Koarmada III Kota Sorong, Papua Barat, Senin (27/5).  

Dalam pelaksanaan ibadah puasa dibulan suci Ramadhan 1440 Hijriah, TNI AL mengambil tema Dengan Menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadhan Tahun 1440 H / 2019 M, Kita Tingkatkan Iman dan Takwa Prajurit serta PNS TNI Angkatan Laut Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI.

Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, dalam sambutannya mengajak semua pihak menjadikan bulan suci Ramadhan sebagai momentum untuk mantapkan niat dalam meningkatkan soliditas dan solidaritas, merekatkan keberagaman, menyelaraskan perbedaan-perbedaan ke dalam sebuah orchestra kehidupan, yang mampu menghasilkan alunan melodi indah dengan nada-nada, kedamaian, kerukunan, kesejukan, kebersamaan, saling toleransi, ketenangan, saling tenggang rasa dalam silahtuhrahim kebangsaan yang harmonis. 

“Jangan biarkan diri kita ini terprovokasi oleh hal-hal yang destruktif, provokatif, saling fitnah, saling menyakiti dan adu domba,” tegasnya. 

Menurut Pangkoarmada III bahwa selain semboyan  Jalesveva Jayamahe (Justru di Laut Kita Jaya), Ghora Vira Madya Jala (Ksatria Perkasa di Tengah Lautan), Koarmada III juga memiliki tag line yaitu “Merekatkan Keberagaman Dalam Kebersamaan”, hal ini didasari oleh kesadaran bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki keberagaman dan banyak perbedaan-perbedaan seperti 5 agama, 714 suku, ribu-an bahasa daerah, adat istiadat, 17.499 pulau dan berbagai perbedaan lainnya. 

“Kedepan mari kita semua saling menjalin silahturahim dalam mengisi pembangunan sesuai dengan peran kita masing-masing. Mari kita seimbangkan tiga dimensi komunikasi kita melalui, komunikasi dengan Tuhan, komunikasi dengan sesama manusia dan komunikasi dengan alam,”ujarnya.

Buka Puasa Bersama yang diselenggarakan tersebut dihadiri sejumlah pejabat antara lain Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Drs. Herry Rudolf Nahak, Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Dadi Hartanto, Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Hermanto,  Komandan Korem 181/Praja Vira Tama Brigjen TNI Ignatius Yogo Triono, Wakil Walikota Sorong, Pahima Iskandar dan sejumlah pejabat Forkopimda lainnya. 

Acara diawali penyerahan Tali Asih oleh Pangkoarmada III kepada Anak Yatim kemudian dilanjutkan ceramah Ramadhan disampaikan oleh Ketua PHBI Kota Sorong Ustadz Suryadi dan buka puasa bersama.*