Gedung Aula Kantor Kepegawaian Intan Jaya Dilahap si Jago Merah

Ilustrasi

JAYAPURA - Gedung aula Kantor Badan kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Intan Jaya yang berada di Kampung Mamba Distrik Sugapa, Rabu (22/5) siang pukul 13.00 WIT ludes terbakar.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal mengungkapkan belum mengetahui pasti kebakaran itu, namun dalam musibah tersebut tidak terdapat korban jiwa maupun korban luka-luka.

"Iya benar aula kantor BKD Intan Jaya terbakar. Saat ini belum diketahui pasti penyebab kebakarannya entah itu akibat Kosleting listrik atau sengaja dibakar, kami akan lidik kebakaran itu," ungkap Kamal, di Mapolda Papua, Rabu (22/5) sore.

Ia menjelaskan, tidak butuh waktu lama api meratakan bangunan dengan tanah mengingat struktur bangunan terbuat dari semi permanen.

"Anggota gabungan bersama masyarakat disana berusaha memadamkan api dengan alat seadanya namun api sulit untuk padam karena bangunan terbuat dari kayu serta di lokasi tidak ada pemadam kebakaran," terangnya.

Kata Kamal, menurut keterangan saksi, sebelum api membakar seluruh gedung diawali dengan asap tebal dari salah satu ruangan yang berada di dalam aula BKD.

"Saksi bersama dengan tiga orang rekannya  langsung mengambil  alat pemadam  kebakaran  dan menuju  ke TKP, tetapi pada saat menuju TKP, saksi melihat beberapa orang keluar dari lokasi kebakaran dengan membawa berkas tidak lama kemudian api semakin membesar dan membakar seluruh bangunan," tutur Kamal.

Tambah Kamal, kasus kebakaran tersebut telah ditangani oleh Unit Reskrim Polsek Sugapa, dimana pihaknya telah meminta keterangan lima orang saksi. Selain itu data kerugian yang ditaksir mencapai hingga Rp 800 juta. *