Silaturahmi dengan Wartawan, Ini Penjelasan Kapolda Papua Barat

Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Herry Rudolf Nahak dan Wakapolda Kombes Pol Tatang silaturahmi bersama pimpinan redaksi dan wartawan media elektronik, cetak dan online, Rabu (22/5)/Albert

MANOKWARI- Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Herry Rudolf Nahak dan Wakapolda Kombes Pol Tatang silaturahmi bersama pimpinan redaksi dan wartawan media elektronik, cetak dan online, Rabu (22/5).

Pertemuan yang berlangsung di Markas Polda Papua Barat di Anday, distrik Manokwari Selatan (Mansel), kabupaten Manowkari itu dihadiri juga oleh pejabat utama Polda Papua Barat.

Saat silaturahmi, ini penjelasan Kapolda Nahak. Dari pertemuan itu pimpinan Tabura Pos Roy Sibarani menyarankan kepada Polda Papua Barat untuk berantas minuman keras (miras), toto gelap (togel), dan jenis penyakit masyarakat lainnya.

Kepala Perwakilan Berita Kantor Antara Papua Barat, Azis Tokan Key mengharapkan adanya koordinasi baik antara humas Polda dan wartawan sehingga setiap informasi yang akan diberitakan tetap berimbang untuk setiap informasi ke publik.

Menjawab pertanyaan itu, Kapolda berharap informasi yang disampaikan wartawan lewat pertemuan ini akan ditindaklanjuti, terutama masalah miras harus diberantas bersama, sebab saat ini pemda Manokwari memiliki perda miras.

Ditekankan lagi oleh Kapolda bahwa apabila ada masyarakat maupun wartawan sendiri yang mengetahui anggota Polri yang memback up atau saat membeli miras segera dilaporkan sehingga ditindak keras.

"Apabila kalian mengetahui ada anggota Polri yang membeli miras silahkan di foto dan laporkan. Sebab ketika ada bukti maka ditindaklanjuti, maka seluruh PJU agar ingatkan kepada anggotanya untuk jauhkan miras apalagi kalau menggunakan pakaian dinas baru membeli miras," pesan Kapolda.

Kapolda juga minta kepada Kabid Humas untuk lebih aktif menanyakan kepada PJU tentang setiap perkembangan informasi yang memang bisa disampaikan ke publik, sebab didalam internal polisi ada hal yang bisa disampaikan, ada juga yang tidak boleh dipublikasikan.

Untuk itu mitra wartawan dengan polda harus saling menghargai dan dibuat yang enak dalam komunikasi, sebab tidak ada yang disembunyikan.

Kapolda juga akan sampaikan kepada jajaran Kapolres untuk selalu terbuka kepada wartawan, termasuk ia minta agar Kabid Humas lebih aktif komunikasi dengan para Kapolres agar setiap perkembangan informasi di masing-masing jajaran polres diteruskan ke humas Polda, sebab corong Polda ada pada humas. *