Alumni LPDP Berbagi Ilmu Buat Lanjut S2 dan S3

Coaching clinic oleh alumni LPDP di Sorong/Sorong

SORONG-Alumni penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang tergabung dalam Mata Garuda Papua Barat chapter Sorong Raya melakukan kegiatan Coaching Clinic yang merupakan salah satu bentuk kontribusi para alumni tersebut di AULA Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Papua Sorong, Sabtu (18/5).

Sebanyak 35 putra putri terbaik Sorong yang telah melalui berbagai proses penyaringan mendapatkan bimbingan meliputi bimbingan penulisan esai, simulasi seleksi, berbagi pengalaman pendaftaran, proses seleksi beasiswa LPDP, hingga dilakukan pre test toefl untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris peserta.

“coaching clinic ini merupakan kegitatan lanjutan dari kegiatan Road Show yang dilakukan oleh Mata Garuda Papua Barat sebelumnya yaitu memperkenalkan beasiswa LPDP ke beberapa universitas di Sorong Raya” jelas Erpin Said, salah satu alumni LPDP Luar Negeri. 

Peserta yang merupakan para alumni dari beberapa perguruan tinggi di Sorong, maupun perguruan tinggi di luar Sorong, para dosen, pegawai, guru dan mahasiswa semester akhir yang memiliki kemauan tinggi untuk melanjutkan pendidikan Magister dan Doktoral melalui beasiswa LPDP. 

Para peserta kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang akan dipantau dan dibimbing oleh para mentor yang merupakan alumni beasiswa LPDP dalam maupun luar negeri. 

“Dengan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil, diharapkan dapat memantau lebih intens persiapan pendaftaran LPDP, terutama dalam kesiapan bahasa Inggris, cara mendaftar di kampus tujuan hingga penulisan esai” ungkap salah satu mentor, Miftahulfadlik Dabamona.

Kegiatan Coaching Clinic selain mempersiapkan para calon penerima beasiswa LPDP juga diharapkan mampu mencetak para generasi muda yang akan membangun Sorong dan Papua Barat menjadi lebih baik.

“Dengan adanya kegiatan coaching clinic ini harapannya akan lebih banyak lulusan S2 dan S3 yang turut berkontribusi dalam pembangunan Sumber Daya Manusia di Kota Sorong, mengingat Kota Sorong kedepannya akan menjadi kawasan industri, maka SDM sangatlah penting untuk menunjang hal tersebut.” ujar Koordinator Coaching Clinic, Leonardo Davinci Massolo.

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) merupakan salah satu pemberi beasiswa untuk jenjang S2 dan S3 di bawah kementerian Keuangan RI.*