Berkah Ramadhan, Misool Raja Ampat Terang Benderang

Bupati raja ampat (tengah) bersama pejabat lainnya saat launching papua terang di Kampung Misool/Ola

SORONG-Warga Kepulauan Misool Kabupaten Raja Ampat di 5 Kampung bersuka cita karena kerinduan untuk merasakan listrik masuk di kampung mereka selama bertahun - tahun akhirnya terwujud.

Dipusatkan di Kampung Fafanlap, PLN UP3 bersama Bupati Raja Ampat dan perangkat kampung melaunching beroperasinya listrik di 5 desa, Senin (13/5).

Adapun Kampung yang dialiri listrik adalah Kampung Fafanlap, Yellu, Gamta, Magey dan Harapan Jaya.

Manager PLN UP3, Alberth Safaria menjelaskan kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Papua Terang yang menjadi komitmen PLN Wilayah Papua dan Papua Barat dalam mewujudkan listrik yang merata hingga ke seluruh pelosok negeri.

Dimana ada 117 kampung di Kabupaten Raja Ampat, yang mana saat ini yang terjangkau listrik baru berada pada 23 Desa atau kampung.

Dalam mewujudkan Raja Ampat Terang, PLN sudah membangun 46 proyek kelistrikan di Kabupaten Raja Ampat yang mana proyek kelistrikan tersebut menjangkau sebanyak 55 desa yang tersebar di semua kepulauan yang ada di Kabupaten Raja Ampat. Khusus Pulau Misool PLN sudah membangun 17 listrik desa yang akan melayani sejumlah 19 desa yang tersebar di kepulauan Misool. Pada hari ini secara resmi PLN UP3 Sorong akan melakukan pengoperasian secara bertahap atas semua listrik desa tersebut.

Safaria juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten dan para pelanggan di Kabupaten Raja Ampat agar untuk memperkuat kelistrikan di kota kabupaten yaitu di Waisai yang pasokan listriknya masih dalam kondisi pas-pasan, PLN sudah menyiapkan rencana pembangunan PLTMG 2x10 MW untuk menopang kebutuhan listrik dimasa yang akan datang dan juga menambah kapasitas pembangkit yang ada saat ini untuk memperkuat kelistrikan yang sudah ada.

"PLN UP3 Sorong mengucapkan terima kasih atas support dan kerja sama dari Masyarakat dan khususnya Pemerintah Kabupaten Raja Ampat yang sudah dan terus membantu PLN dalam membangun kelistrikan di Kabupaten Raja Ampat. Kepada Masyarakat dan Para Pelanggan kami mengajak marilah kita jaga bersama infrastruktur kelistrikan yang sudah dibangun karena semuanya merupakan demi untuk kebutuhan bersama dan mari kita pergunakan listrik dengan baik dan benar. Salam Listrik , Listrik Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik," tandasnya.

Sementara itu Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati mewakili seluruh masyarakat Raja Ampat mengucapkan terima kasihnya kepada PLN yang telah melistriki 5 kampung di Misool bertepatan dengan bulan suci Ramadhan.

Dirinya mengaku bahwa tidak mudah menerangi 117 kampung di Raja Ampat, mengingat letak geografis dari satu kampung ke kampung lainnya. Tapi kendala tersebut terbantahkan dengan masuknya listrik di woiayah Missool.

Dirinya pun berjanji akan mendukung semua upaya PLN agar dapat melistriki semua kampung di wilayah Kabupaten Raja Ampat.*