2 Hari Demo Damai Aman, Kapolres: Terima Kasih Korlap Parjal

Demo damai yang dilaksanakan organisasi parlemen jalanan (Parjal), tokoh masyarakat, dan simpatisan selama 2 hari di gedung MRP Papua Barat/Albert

MANOKWARI - Kapolres Manokwari AKBP Adam Erwindi apresiasi aksi demo damai yang dilaksanakan organisasi parlemen jalanan (Parjal), tokoh masyarakat, dan simpatisan selama 2 hari di gedung MRP Papua Barat, DPR hingga aksi itu berlanjut ke kantor Gubernur Papua Barat.

Menurut Kapolres, selama dua hari, aksi tersebut berjalan dengan aman dan lancar. Meskipun massa awalnya berorasi di jalan Siliwangi Manokwari atau tepatnya di antara kantor DPR dan MRP, namun ketika dikoordinasi dengan tokoh masyarakat dan Korlap pendemo, justru mereka mampu mengarahkan massa untuk aksi itu bergeser ke halaman kantor DPR agar tidak mengganggu aktivitas umum.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada bapak Obet Ayok, Korlap Parjal dan seluruh simpatisan masyarakat, sebab salin mengontrol sehingga orasi tersebut tetap berada dalam satu koridor dan keamanan terjaga bersama-sama," ungkap Kapolres, Selasa (14/5).

Terkait tuntutan massa yang menginginkan hak politik orang asli Papua (OAP) jangan dirampas, pesan Kapolres, semua elemen OAP mendorong agar ada produk hukum yang menjamin hak politik OAP agar produk hukum yang menjamin hak politik OAP agar pada tahun yang akan datang bisa digunakan.

Ditanya jumlah personil pengamanan, jelas Erwindi, sebanyak 3 SSK yang dikerahkan yakni dua SSK Brimob dan 1 SSK Polres Manokwari. *