Jenazah Pratu Kasnun Diterbangkan ke Kampung Halamannya di Aceh

Kapendam Kodam XVII Cenderawasih Kolonel Muh Aidi/Wartaplus

JAYAPURA – Setelah semalam berada di Timika usai dievakuasi dari Nduga, jenazah Pratu Kasnun prajurit Satgas YR 321/GT yang gugur dalam insiden kontak senjata dengan KKB, akhirnya diterbangkan ke kampung halamannya di Aceh, Selasa (14/5) siang pukul 11.00 WIT.

Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih Kolonel Muh Aidi menerangkan keberangkatan jenazah almarhum Pratu Kasnun dari tempat persemayaman dikawal ketat anggota TNI hingga di Bandara Udara Moses Kilangin, Timika dan selanjutnya jenazah korban diberangkatkan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia.

"Pagi tadi sekitar pukul 11.00 WIT jenazah sudah kami terbangkan dari Timika transit Jakarta dan selanjutnya ke  Aceh. Di sana pihak keluarga dan Anggota satuan kewilayahan sudah menunggu kedatangan jenazah," ungkapnya ketika di temui di Kodam XVII Cenderawasih, Selasa (14/5) siang.

Ia menerangkan, almarhum Pratu Kasnun meninggal dunia dalam perjalanan guna mendapatkan perawatan medis usai terkena tembak di punggung kiri hingga tembus dibagian bahu kiri depan.

"Korban kehabisan darah saat hendak mendapatkan pertolongan pertama ketika tertembak. Selanjutnya korban dievakuasi dari Nduga menggunakan heli Asian One PK-LTA," terangnya.

Secara pribadi dan Institusi Kodam XVII Cenderawasih, Aidi menyampaikan bela sungkawa sebesar besarnya atas gugurnya prajurit Bangsa atas nama Pratu Kasnun yang telah berjuang mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Saya secara pribadi dan mewakili mewakili Pangdam serta prajurit Kodam XVII Cenderawasih menyampaikan turut berdukacita semoga keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan," ucapnya.

Sementara itu perlu diketahui l Kontak tembak antara TNI dan Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) kembali lagi terjadi Distrik Mugi Kabupaten Nduga, Senin (13/5) pagi.

Menurut data yang dihimpun kontak tembak TNI dari Satgas YR 321/GT dengan kelompok separatis pimpinan Egianus Kogoya terjadi ujung bandara Mugi, pukul 09.00 WIT.

Dalam insiden itu satu prajurit TNI atas nama Pratu Kasnun tewas usai terkena tembakan di bagian punggung kiri hingga tembus dibagian bahu kiri depan. *