Ricuh di KPU Manokwari, Fasilitas Dirusak, Massa Saling Serang

Massa yang ribut di depan kantor KPU Manokwari/istimewa

MANOKWARI- Massa yang menghadiri rapat pleno KPU Kabupaten Manokwari ricuh. Dampak kericuan belum diketahui secara pasti, namun informasi di halaman KPU, saksi sampaikan keberatan dan protes agar menghitung ulang kotak suara PPD Manokwari Barat. Lantaran adu mulut antarmassa hingga saling serang di luar gedung KPU sehingga fasilitas KPU dirusak massa, Kamis (9/5) petang.

Tidak hanya itu, satu kelompok massa menggunakan alat tajam seperti parang, ribut di jalan depan KPU. Akibatnya massa lainnya tidak terima dan menyerang dengan kayu dan saling melempar dengan menggunakan batu.

Polisi yang berada di halaman KPU awalnya lambat mengamankan massa yang sudah membludak hingga baku serang. Meskipun begitu polisi yang berada di lokasi cepat memisahkan kedua kubu dan amankan situasi di halaman KPU. Menurut informasi bahwa pemicu awal adalah saksi parpol minta agar kotak suara PPD Manokwari Barat dibuka dan dibaca ulang.

Salah satu saksi partai Demokrat Imanuel Yenu mengatakan, massa minta surat suara dibuka dan dihitung ulang, karena ada kejanggalan yang ditemukan di PPD Manokwari Barat. Saksi lainnya PKPI Manokwari, Trisep Kambuaya juga mendukung apa permintaan saksi partai Demokrat.

Ketua KPU Kabupaten Manokwari Abdul Muin Salewe yang dikonfirmasi melalui pesan whatsapp, namun hingga malam ini tidak ada respon tentang insiden di KPU sore hingga malam ini. *