Kepala Suku Besar Yahukimo:

163 Ribu Suara DPR RI Kami Ikat Untuk Yakobus Jagong, Bila Ada Kecurangan Kami Perang

Yakobus Jagong/Istimewa

JAYAPURA-Lemjen Homona tokoh masyarakat yang juga Kepala Suku Besar  dan anggota Dewan Pendiri Kabupaten Yahukimo kepada wartaplus.com menegaskan, ada 163 ribu suara kami berikan kepada Yakobus Jagong dari Partai Golkar.

“Sebanyak 163.000 warga dari 23 distrik di Yahukimo sudah memilih Yakobus Jagong dari Partai Golkar sebagai wakil kami di DPR. Bila ada kecurangan terhadap suara yang kami berikan, kami akan perang,”tegas Lamjen Lamona

Dia sangat khawatir ada upaya untuk menggelembungkan suara pada caleg-caleg tertentu. Ironisnya, ketika ditanya ke KPU justru hanya dijawab masih rahasia. “Kalau ditanya, katanya rahasia. Lalu suara masyarakat dari 13 kampung di 23 distrik itu ada dimana dan kemana kami harus bertanya,”tegas Lemjen.

Ia mengatakan, ini hak kami mau berikan suara kepada Yakobus Jagong. “Jangan intervensi suara kami, karena suara kami  163 ribu buat Yakobus Jagong,”ujarnya. Dikatakan, suara yang kami ikat sudah kami berikan sebelum Pemilu. Yakobus  Jagong  merupakan Caleg DPR-RI Dapil Papua nomur urut 10.  

Kabupaten Yahukimo ada 1.264 tempat pemungutan suara (TPS) dari 51 distrik yang ada, seluruhnya sudah melakukan pencoblosan pada 17 April dan 18 April lalu. Kemudian, satu distrik lagi yakni Distrik Alangbo baru melakukan pencoblosan pada 19 April karena keterlambatan pendistribusian logistik lantaran faktor cuaca. Dari 51 distrik tersebut, sebanyak 50 distrik menggunakan sistem noken dan satu distrik yang menggunakan pemilihan sistem nasional.*