Yakupi Yenu Minta Pemda Manokwari Share Dana Bangun Asrama Mansinam IV Tondano

Anggota DPRD Manokwari, Yakupi Yenu/Albert

MANOKWARI-  Anggota DPRD Manokwari, Yakupi Yenu berharap ada perhatian pemerintah Kabupaten Manokwari untuk merenovasi gedung asrama Mansinam IV di Tondano, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara.

Menurut Yakupi, asrama tersebut merupakan aset Pemda Manokwari. Sebab kalau pun ada istilah turut berbelasungkawa, kenapa tidak ada kata berbelahibah membangun gedung mahasiswa Mansinam IV Tondano yang saat ini rusak dan tidak mendapat perhatian pemerintah.

"DPRD, pemerintah Manokwari dan masyarakat Papua yang memiliki anak studi kuliah di Provinsi Sulawesi Utara harus berutang budi kepada masyarakat Tondano di kabupaten Minahasa, Sulut," kata Yakupi pascaagenda pengawasan DPRD Manokwari di Tondano, Minggu (31/3).

Hal itu dikatakakan Yenu, sebab ada cerita salah seorang warga Tondano bahwa sangat prihatin dengan kondisi gedung asrama tersebut.

Lantara warga itu bertetangga dengan penghuni asrama Mansinam IV, maka sering sekali ia membantu dengan iklas kesusahan yang dialami mahasiswa setempat.

Lanjut Yenu, hasil pengawasan mereka ke Tondano kondisi asrama tersebut sangat memprihatinkan.

Kembali dia mengatakan bahwa, gedung itu sudah rusak, misalnya ketika turun hujan air pun merembes masuk ke dalam gedung tersebut dan menyebabkan plafon berlubang karena lapuk.

"Sangat jelas sekali bahwa gedung itu terlihat dari atap gedung bocor sehingga saat hujan air tembus sampe merusak plafon dan isi gedung tergenang air," ujar Yenu.

Oeh karena itu, dia menyarankan kepada Pemprov Papua Barat dan Pemda Manokwari untuk membantu merenovasi asrama tersebut sehingga mahasiswa merasa diperhatikan pemerintah daerah.

"Kami akan mencoba mendorong  gedung asrama itu melalui Musrembang kabupaten Manokwari agar mendapat perhatian melalui eksekutif sebagai pengelola anggaran daerah," tambah Yakupi.

Sementara itu, Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan yang dihubungi secara terpisah mengatakan, gedung asrama Mansinam IV Tondano tidak diprogramkan tahun 2018/2019. Sebab tahun anggaran 2018 ini hanya tiga asrama yang dianggarkan untuk direnovasi.

Di antaranya, sebut Bupati Demas, gedung asrama Mansinam III Yogyakarta, Acemo di Jayapura Papua, dan Mansinam I Manokwari Papua Barat.

"Banyak asrama mahasiswa Manokwari yang tersebar di Papua dan luar Papua, namun akan diprogramkan sesuai kemampuan anggaran daerah secara bertahap," tambah Bupati Demas. *