Peran Masyarakat Kunci Suksesnya Pemilu

Sekjen Barisan Merah Putih RI Papua, Yonas Alfons Nussi/Cholid

JAYAPURA – Sekjen Barisan Merah Putih RI Papua, Yonas Alfons Nussi mengharapkan seluruh lapisan masyarakat di Papua, pada khususnya harus bertanggung jawab dalam menyukseskan Pemilu 17 April 2019 mendatang.

Hal tersebut diungkapkannya ketika ditemui disalah satu café di Kota Jayapura, Jumat (29/3) sore. Ia menerangkan kunci suksesnya pelaksanaa Pemilu, tidak terlepas dari peran serta masyarakat.

“Masyarakat itu merupakan ujung tombak terselenggaranya Pemilu yang damai, maka dari itu saya secara pribadi berharap ini menjadi perhatian khusus bagi semua masyarakat,” terangnya

Yonas pun mengajak masyarakat untuk mengedepankan persatuan dan kesatuan walau berbeda pilihan dalam memilih pemimpin.

“Berbeda pilihan itu sudah biasa, namun jangan menjadikan perbadaan itu untuk saling bermusuhan,” tuturnya.

Yonas pun menerangkan ditengah situasi politik yang memanas saat ini, banyak dimanfaatkan oknum-oknum tidak bertangung jawab untuk menyebarkan pemberitaan bohong atau hoax, sehingga diharapkan masyarakat cerdas dan bijak dalam menanggapi hal tersebut.

“Saya harap masyarakat jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu yang belum tentu kebenarannya. Dan jangan memanfaatkan media social untuk menyebarkan isu-isu provikatif yang dapat menimbulkan perpecahan apalagi mengganggu situasi kamtibmas di Papua pada khususnya,” tegasnya.

Selian itu juga Yonas berharap masyarakat dapat mendukung TNI-Polri agar situasi di Papua, baik menjelang dan sesudah pemilihan dapat kondusif.

“Aman tidak amannya pemilu itu semua tergantung dari masyarakat, saya harap mari kita bergandengan tangan dengan TNI-Polri menciptakan rasa aman agar pesta demokrasi ini berjalan sukses,” harapnya. *