Peduli Nduga, Parjal dan Seniman Papua Aksi Panggung Hiburan di Tempat Wisata Manokwari

Parjal Provinsi Papua Barat di Manokwari bersama Seniman Papua aksi galang dana di tempat wisata Pasir Putih, Minggu (24/3/2019)/Albert

MANOKWARI- Untuk membantu masyarakat pengungsian di Kabupaten Nduga, Provinsi Papua, parlemen jalanan (Parjal) Provinsi Papua Barat di Manokwari bersama Seniman Papua aksi galang dana di tempat wisata Pasir Putih, Minggu (24/3/2019).

Cara penggalangan dana dengan panggung hiburan Seniman Papua dari musik ala Papua yang langsung diambil artis lokal Papua, seperti Glenn D Academi Indosiar,  Edgar Aronggear dan Festus Miesido.

Panglima parjal Papua Barat, Ronald Mambieuw, mengatakan, pemilihan tempat wisata Pasir Putih Distrik Manokwari Timur kabupaten Manokwari sebagai aksi pengalangan dana untuk membantu masyarakat Nduga yang kini mengungsi keluar daerah tersebut.

Kata Ronald Mambieuw, Minggu (24/3) malam, aksi itu sangat luar biasa, karena wisatawan lokal yang datang rekreasi di Pasir Putih Manokwari turut berdonasi membantu sesama warga asli Papua yang mengungsi keluar Kabupaten Nduga.

Kata dia, sebelumnya parjal dan Seniman Papua aksi donasi membantu korban pengungsian Sentani, juga aksi donasi bagi warga pengungsi Nduga Papua. Bahkan mereka juga kumpulkan baju layak pakai bagi masyarakat setempat.

"Menunggu kapal ke Jayapura untuk mengirim bantuan kemanusiaan ke Nduga dan Sentani Papua, sebab kalau bantuan ke Sentani sudah sangat luar biasa, tapi kita jangan lupa Nduga, karena masyarakat yang keluar dari sana adalah masyarakat asli Papua," ungkap dia.

Katanya, pengamanan aparat TNI Polri yang menyebabkan kurang lebih 2000 warga Nduga mengungsi keluar, ke Kabupaten Jayawijaya. Masyarakat merasa ketakutan, lantaran adanya pengejaran TNI Polri terhadap TPN OPM sehingga mereka memilih untuk mengungsi. *