5 Hari Pascabanjir Bandang, Bantuan Dana Mencapai Rp 5,4 Miliar

Bupati Jayapura Mathius Awaitaouw menyambangi korban banjir yang ada di posko pengungsian/Istimewa

JAYAPURA - Bupati Jayapura Mathius Awaitaouw mengungkapkan, hingga hari kelima pascabanjir bandang yang melanda Kabupaten Jayapura, bantuan dana tunai dari berbagai elemen mencapai hingga Rp 5,4 Miliar.

"Total dana yang masuk di rekening BRI untuk korban pengungsi sebanyak Rp 5,4 miliar lebih, dan sepertinya akan terus bertambah," hal tersebut diungkapkannya, Jumat (22/3) siang.

Menurut dia, dalam hal pengelolaan dana tersebut Pemerintah Kabupaten Jayapura melibatkan pihak berkompeten agar bisa tepat sasaran.

"Tentunya kami libatkan pihak terkait dalam hal sumbangan ini, dari BPKP sehingga bisa mengawal dana ini dengan baik. Ini baru dana tunai masuk ke rekening resmi. Kami berharap hari ini sudah bisa digunakan atau dicairkan," ujarnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Jayapura telah mengucurkan dana sebanyak Rp 6 miliar untuk penanganan banjir bandang di daerah itu.

"Kita sudah keluarkan tanggap darurat selama 14 hari dan bersamaan itu mengeluarkan uang Rp 6 miliar. Kalau ada pihak yang sudah memberi tapi belum terdata bisa disampaikan dan didata ulang," katanya.

Sementara itu, Sekda Provinsi Papua, TEA Heri Dosinaen mengemukakan terkait bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura, Gubernur Lukas Enembe telah menginstruksikan kepada para kepala daerah di Papua agar ikut membantu meringankan beban dengan memberikan bantuan kepada korban banjir bandang.

"Pak Gubernur Lukas Enembe sudah memerintahkan para bupati atau kepala daerah agar membantu Pemerintah Kabupaten Jayapura," katanya. *