Sekretaris Dubes America Serikat Bertemu Direktur LP3BH Manokwari

Sekretaris Bidang Politik Kedutaan Besar America Serikat (AS) Ny. Meredith Champlin bertemu Direktur LP3BH Manokwari Yan Christian Warinussy di Kantor LP3BH Manokwari, Jumat (22/3)/Istimewa

MANOKWARI- Sekretaris Bidang Politik Kedutaan Besar America Serikat (AS) Ny. Meredith Champlin bertemu Direktur LP3BH Manokwari Yan Christian Warinussy di Kantor LP3BH Manokwari, Jumat (22/3). Agenda bertemu LP3BH merupakan salah satu agendanya ke Papua dan Papua Barat.

"Di Papua Barat Ny. Merdith Champlin ke Manokwari dan bertemu kami di Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH). Dalam pertemuan ini beliau didampingi Stafnya Prima Anggi. Sedangkan dari LP3BH hadir saya sendiri sebagai Direktur Eksekutif LP3BH, juga hadir Andris Wabdaron (Kepala Divisi Fund rising dan pengembangan LP3BH), Ferry Manufandu (Kepala Divisi Informasi dan Dokumentasi) serta Dr.Ir.Agus Sumule sebagai Ketua Badan Pengurus LP3BH," ungkap Warinussy kepada wartaplus.com melalui pesan whatsapp.

Warinussy menjelaskan, fokus percakapan tentang situasi politik menjelang pelaksanaan Pemilu 17 April 2019. Juga terkait sorotan mengenai aspek pendidikan politik bagi masyarakat di Tanah Papua yang terkesan kurang maksimal.

Lanjut Warinussy, juga mengenai jelang berakhirnya masa berlaku dana otsus yang setara 2 persen dari DAU Nasional. Dimana ada desakan rakyat Papua untuk perlunya dilakukan evaluasi demi merumuskan langkah perubahan atas isi UU No.21 Tahun 2001 tentang Otsus Papua tersebut sebagaimana diatur dalam amanat pasal 78 dan 79.

Kesempatan baik itu, Warinussy juga memberi perhatian pada aspek penyelesaian hukum atas kasus dugaan pelanggaran HAM Berat di Nduga Papua, yang hingga kini belum dilakukan investigasi sesuai amanat UU No.26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM oleh Komnas HAM sebagai institusi yang berwenang.

Kunjungan Sekretaris Bidang Politik Kedutaan Besar Amerika Serikat itu sangat spesial dilakukan berkenaan dengan peringatan 70 tahun berlangsungnya hubungan diplomatik antara Amerika Serikat dan Indonesia. *