Bantu Korban Banjir Sentani, Pertamina Beri Layanan Kesehatan Gratis

Layanan Kesehatan Gratis bagi para korban bencana banjir bandang di Sentani dan sekitarnya/Istimewa

JAYAPURA - Sebagai respon atas bencana banjir bandang yang melanda Kawasan Sentani, Kabupaten Jayapura, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VIII menggelar program Pertamina Sehati sebagai bentuk kepedulian dan kontribusi Pertamina kepada para korban.

Program tersebut berupa bantuan pelayanan kesehatan yang diantaranya pemeriksaan kesehatan gratis dan evakuasi korban yang membutuhkan penanganan medis dengan mengoperasionalkan mobil ambulans siaga sejak 17 - 24 Maret 2019 mendatang.

Pertamina MOR VIII telah menerjunkan tenaga medis perusahaan yang terdiri dari 2 dokter dan 1 perawat, serta dibantu oleh 2 apoteker dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat Kampung Ifale, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

Kegiatan ini mendapatkan antusias yang luar biasa dari masyarakat setempat. Sebanyak 103 warga Kampung Ifale yang terdiri dari orang dewasa dan anak-anak turut serta memeriksakan kondisi kesehatan mereka.

“Dengan hadirnya program Pertamina Sehati, kami berharap bantuan pelayanan kesehatan yang diberikan bermanfaat bagi warga serta dapat memacu psikologis warga bahwa korban terdampak tidak sendirian dalam menghadapi bencana, sehingga kondisi kesehatan warga dapat kembali seperti semula dan dapat melaksanakan kegiatan keseharian mereka”, jelas Brasto Galih Nugroho, Unit Manager Communication, Relations, & CSR MOR VIII, dalam rilisnya, Kamis (21/3).

Selain itu, Pertamina MOR VIII juga mengoperasionalkan 1 unit mobil ambulance untuk siaga membantu evakuasi korban yang membutuhkan penanganan medis selama masa tanggap darurat di Posko Induk Bantuan Banjir Sentani yang berada di lapangan gunung merah Kantor Bupati Jayapura.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara, Pertamina tidak lepas dari perannya sebagai Agen Pembangunan Negara. Dalam hal ini, merespon bantuan bencana alam merupakan bagian dari tugas Pertamina selain tugas-tugas pokoknya mendistribusikan energi hingga ke pelosok negeri, salah satunya dengan memberikan bantuan pelayanan kesehatan.

Bantuan pelayanan kesehatan ini bertujuan untuk meringankan beban para korban dan pengungsi khususnya yang mengalami masalah kesehatan pasca terjadinya bencana banjir bandang di Sentani.

Seorang warga menyampaikan terima kasih kepada Pertamina atas pelayanan kesehatan gratis yang diberikan. “Cucu saya badannya panas dan kaki bengkak-bengkak karena banjir, terima kasih untuk bantuan dari Pertamina, semoga kami sehat-sehat sudah dapat bantuan dari Pertamina”, ujar Mama Mata Mokai yang telah memeriksakan kedua cucunya kepada petugas medis dari Pertamina.

Kegiatan bantuan pelayanan kesehatan ini termasuk dalam program Pertamina Sehati yang merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan dan program unggulan Pertamina di bidang kesehatan. *