Pemda Puncak Salurkan Rp 1 Milliar Bagi Korban Bencana Sentani

Bupati Puncak Willem Wandik saat melihat langsung kondisi korban bencana alam yang berada di posko pengungsian/Istimewa

JAYAPURA – Bupati Kabupaten Puncak, Willem Wandik, SE,M.Si menyerahkan bantuan sebesar Rp 1 Miliar  kepada Kabupaten Jayapura untuk penanggulangan korban bencana banjir bandang dan tanah longsor Sentani yang berada di posko penampungan.

Penyerahan bantuan oleh Bupati Dua periode itu diterima langsung oleh Wakil Bupati Jayapura Ir. Giri  Wijayantoro, di Kantor Bupati Jayapura,Gunung Merah, Rabu (20/3) pagi.

Bupati Puncak Willem Wandik, ketika diwawancarai menuturkan bantuan tersebut merupakan tindak lanjut untuk membantu warga masyarakat yang mengalami musibah banjir bandang beberapa waktu lalu.

“Bantuan yang kami berikan ini tidak lain untuk membantu meringankan beban saudara kita yang sedang terkena musibah. Kejadian itu bukan hanya dirasakan para korban, akan tetapi saya dan masyarakat Puncak pun merasakan hal yang sama seperti yang mereka rasakan saat ini,” ujarnya.

Ia pun mengajak seluruh masyarakat yang mendiami Kabupaten Jayapura terutama agar menjaga dan melestarikan hutan di sekitar cagar alam gunung cycloop mengingat musibah ini menjadi catatat penting.

 “Gunung cycloop ini rumah kita, tidak ada air yang bersih seperti di Jayapura, jadi siapapun yang datang dan hidup di negeri ini, harus menghormati daerah ini, stop tebang pohon sembarang, karena akibat dari ulah kita, maka sekarang ini kita yang kena dampak,” ungkapnya.

Bupati pun mendorong Pemkab Jayapura dan Kota Jayapura, bisa menerapkan aturan dengan tegas, kepada oknum pembalakan liar guna menjaga kelestarian hutan serta mencegah terjadinya bencana alam seperti saat ini.

“Kita bersyukur bisa hidup di Jayapura, makan baik, minum air yang baik yang tidak ada di daerah lain, ini yang kita harus jaga bersama daerah gunung cycloop,” tambahnya.

Di akhir wawancara Bupati dua periode ini mewakili pemerintah dan masyarakat Kabupaten Puncak, menyampaikan turut berduka yang sebesar-besarnya, dan berharap agar korban yang dikabarkan hilang dapat ditemukan secepatnya.

“Saya sekali lagi secara pribadi, keluarga, masyarakat dan pemerintah turut berduka cita sedalam-dalamnya, semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan, kita yang masih hidup ini karena anugrah Tuhan saja, kami berharap Pemkab Jayapura tetap kuat, mampu menghadapi dan mengatur dengan baik rehabilitasi bencana ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Jayapura Ir. Giri  Wijayantoro, menyampaikan ucapan terimah kasih atas bantuan yang diberikan Pemda Kabupaten Puncak kepada korban bencana banjir bandang di Kabupaten Jayapura.

“Saya secara pribadi mengucapkan terima kasih kepada Pemda Puncak terutama Bapak Bupati yang telah peduli dan mau berbagi kasih dengan para korban di Kabuapaten Jayapura, semoga kebaikan beliau di balas oleh Tuhan,” tuturnya. *