Pengungsi Korban Banjir di Kampung Yongsu Desoyo Distrik Rasemirara Capai 348 Jiwa

Penyaluran sembako bagi korban bencana banjir bandang di Kampung Yongsu Desoyo Distrik Rasemirara/Istimewa

JAYAPURA - Direktorat Kepolisian Perairan Polda Polda Papua meninjau dan menyerahkan bantuan sekaligus survei awal ke Kampung Yongsu, Desoyo Distrik Rasemirara, Kabupaten Jayapura pascabanjir bandang, Selasa (19/3) siang.

Perjalan anyang memakan waktu kurang lebih 1 jam 30 menit dari Kota Jayapura dengan menggunakan kapal milik Polisi perairan Polda Papua di bawah pimpinan Kanit 1, parwal Air Iptu Barnabas, berhasil tiba di kampung Yongsu Desoyo walaupun rombongan sempat diterjang gelombang laut dan angin kencang.

Kampung Yongsu Desoyo, Distrik Rasemirara adalah sebuah kampung dari Kabupaten Jayapura yang terletak di bagian timur sebelah Gunung Cyklop yang terkena dampak saat terjadi banjir bandang, Minggu (17/3) lalu.

Kepala Posko Penaggulangan Bencana distrik Rasemirara, Yerus Ormoseray saat diwawancarai menuturkan, pascabanjir bandang yang terjadi beberapa waktu lalu, ada sekitar 348 jiwa yang terdiri dari 90 Kepala Keluarga mengungsi ke pondok penampungan sementara di Gereja Kristen Injili (GKI) Mizpa lantaran tempat tinggal para korban mengalami rusak berat.

"Ada lebih dari 90 rumah yang rusak berat akibat kejadian itu, dan saat ini mereka ditampung di Gereja. Untuk tidak ada korban jiwa ataupun korban luka-luka seperti buang ada di Sentani," ujarnya, Selasa (19/3) siang.

Ia pun merincikan sedikitnya tujuh bangunan fasilitas umum baik Puskesmas, kantor distrik, sekolah, kantor kampung dan pembangkit listrik yang mengalami rusak berat sehingga aktifitas lumpu total.

"Semua bangunan umum rusak berat dan terparah itu sekolah dan puskesmas sehingga tidak dimungkinkan untuk diakses termasuk jembatan yang ada," terangnya.

Pria yang juga sebagai staf di distrik ini pun menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan bantuan yang diberikan oleh Polda Papua kepada masyarakat yang ada di Kampung Yongsu Desoyo Distrik Rasemirara, Kabupaten Jayapura pascabanjir bandang.

“Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada kepolisian dalam hal ini, Dit Polair Polda Papua yang mana telah datang dan menmberikan bantuan kepada masyarakat kami di kampung ini. Semoga bantuan ini dapat berguna dalam hal mengurangi beban penderitaaan kami masyarakat pasca banjir bandang yang melanda kami di kabupaten Jayapura ini," ucapnya.

Selain itu, Kepala Unit Patroli dan pengawalan Polisi Perairan Polda Papua, Iptu Barnabas. SH. Juga menambahkan, adapun bantuan yang diserahkan kepada masyarakat setempat antara lain sembako dan air mineral.

"Saat ini kami hanya berikan sembako dan melakukan peninjauan, rencananya besok sembako susulan akan dikirimkan lagi. Untung tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka di kampung ini," jelasnya. *