Freeport Lanjutkan Bantuan untuk Korban Banjir di Sentani

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Tony Wenas bersama dengan tim Basarnas di Sentani, Kabupaten Jayapura / Istimewa

JAYAPURA - Proses penyelamatan terhadap korban bencana banjir di wilayah Sentani, Jayapura yang terjadi sejak Sabtu (16/3) lalu terus dilakukan. PT Freeport Indonesia (PTFI) yang beroperasi di wilayah Provinsi Papua melanjutkan dukungannya bagi warga yang terkena dampak banjir di wilayah Sentani dan sekitarnya. 

Di tengah proses evakuasi korban di Sentani, Presiden Direktur PT FI, Tony Wenas terjun langsung melakukan koordinasi dengan pihak terkait dalam proses penyelamatan korban dan penanganan bantuan bagi korban yang terkena dampak bencana banjir bandang tersebut. 

Kehadiran Presdir PT FI tersebut sekaligus untuk memberikan dukungan bagi korban selamat dan keluarga korban meninggal, serta Tim Emergency Preparedness & Respond (EPR) PTFI yang telah bergabung dengan Basarnas dan BNPB dalam membantu masyarakat korban banjir bandang di Sentani.

Foto: Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Tony Wenas di Sentani bersama dengan tim Basarnas, Selasa (19/3)/Istimewa

"PTFI sebagai bagian tidak terpisahkan dari Papua dan masyarakat Papua, ikut berduka atas kejadian ini. Kami prihatin atas situasi ini, oleh karena itulah kami turun langsung ke lokasi bencana alam ini untuk membantu masyarakat korban bencana banjir bandang di Sentani. Kami menyampaikan duka cita yang mendalam kepada keluarga korban yang meninggal dalam musibah ini," kata Tony Wenas, dalam rilis yang diterima, Selasa (19/3).

Setelah mendapat informasi terjadi bencana banjir bandang di Jayapura, PTFI bereaksi cepat dengan langsung mengirimkan bantuan awal berupa bahan makanan seperti makanan siap saji, dan air minum ke lokasi banjir di Sentani. Bantuan PTFI untuk tahap pertama sudah didistribusikan sejak Minggu, (17/3) dan akan terus didistribusikan pada hari-hari mendatang. 

PTFI akan terus berkoordinasi dengan pihak pemerintah agar bantuan itu sampai di tangan warga yang terkena dampak bencana ini. 

“Kami telah melakukan pembahasan bersama dengan Bupati dan Wakil Bupati Jayapura, Kepala BNPB, Kepala Basarnas dan pihak terkait lainnya agar bantuan terdistribusi dengan baik sampai ke masyarakat korban banjir," lanjut Tony. 

Dalam memberikan bantuan, PTFI memberikan dukungan tidak dalam bentuk uang tunai, tetapi dalam bentuk barang kebutuhan yang diperlukan oleh warga yang terkena dampak.  

Tony menegaskan bahwa Tim EPR Freeport yang ditugaskan ke lokasi bencana ini adalah tim terbaik yang dimiliki PTFI. Tenaga kesehatan dari ISOS juga sudah diterbangkan dari Jakarta ke Jayapura untuk ikut membantu di Sentani. 

Mendukung Rehabilitasi Bukit Cycloop 

Selain turut mendukung rehabilitas korban bencana di Sentani, PTFI akan turut membantu pemerintah dalam hal perawatan hutan di area Cyclop. 

“Dalam hal ini kami sudah berkoordinasi dengan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Munardo, Bupati Jayapura Matius Awoitauw untuk penanganan ke depan dalam rangka perlindungan daerah Cyclop agar tidak terulang bencana alam serupa,” ujarnya.

PT FI juga telah melakukan diskusi dengan Kepala BNPB, Letjend TNI Doni Monardo untuk ikut dalam program penanaman kembali pohon dan mendukung pengelolaan secara baik cagar alam Cycloop. 

“Kami berharap, seluruh pemangku kepentingan di Papua dapat bahu membahu mengambil bagian dalam menanggulangi dan mencegah kejadian ini agar tidak terulang lagi,” pungkasnya.