Telkomsel Pastikan Layanan Komunikasi Tetap Terjaga Pascabencana di Sentani

Tim dari Telkomsel saat turun langsung ke lokasi bencana di Sentani/Istimewa

JAYAPURA - Telkomsel terus berupaya menjaga kelancaraan layanan komunikasi di wilayah Sentani, Kabupaten Jayapura, pascabencana banjir bandang yang melanda kawasan tersebut sejak Sabtu (16/3) malam.

Diungkapkan Muhammad Idham Kadir, General Manager ICT Operation Telkomsel Regional Papua Maluku, pihaknya telah menyiagakan Mobile Backup Power yang akan difungsikan sebagai catuan daya listrik cadangan pada daerah yang membutuhkan pasca bencana itu terjadi.

"Terutama yang memiliki potensi pemadaman listrik yang akan berlangsung lama, sehingga layanan kepada pelanggan tetap terjaga," ujarnya, Senin (18/3).

Jelasnya, mobilisasi catuan daya listrik cadangan dilakukan dengan cepat oleh pihaknya, walaupun sedikit terkendala dengan akses ke beberapa lokasi yang terbatas karena terendam banjir.

"Telkomsel terus melakukan monitoring terhadap BTS yang meng-coverage wilayah yang terdampak, khususnya di posko-posko pengungsian agar layanan telekomunikasi tetap berjalan dengan normal baik untuk voice, sms dan internet," terangnya.

Tindakan yang dilakukan oleh Telkomsel ini adalah bagian dari respon cepat untuk mengatasi kebutuhan komunikasi yang sebelumnya sempat dikeluhkan mengalami sedikit gangguan di wilayah tersebut.

Distribusikan Bantuan  

Selain memastikan kondisi jaringan tetap dapat melayani pelanggan, Telkomsel juga memberikan bantuan bagi masyarakat yang terkena dampak bencana banjir bandang di wilayah Sentani, Kabupaten Jayapura.

Bantuan tersebut didistribusi secara langsung ke beberapa titik pengungsian, seperti yang telah dilakukan di Posko Bintang Timur dan Posko HIS, Minggu (17/3) kemarin.

Manager Corporate Communications Telkomsel Area Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan), Rina Dwi Noviani mengungkapkan jika bantuan yang diberikan berupa makanan siap saji, minuman, termasuk kebutuhan sandang seperti sarung, selimut, pakaian, tikar dan popok bayi. 

"Pemberian bantuan ini, akan dilakukan secara bertahap ke posko-posko pengungsian lainnya," ujar Rina.

Selain itu, dirinya menjelaskan jika pihaknya juga telah mendirikan posko layanan mulai hari ini di beberapa titik untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan layanan komunikasi kepada pengungsi.

Mewakili Telkomsel area Pamasuka, Rina juga menyampaikan rasa belasungkawa dan keprihatinan terhadap korban yang terkena dampak bencana tersebut.

"Telkomsel turut prihatin atas bencana alam yang terjadi, semoga keadaan dapat segera normal dan semoga bantuan tersebut dapat meringankan beban warga yang terdampak banjir," pungkasnya. *