Isteri Danlantamal XIV Periksa Korban Bencana

Isteri Danlantamal XIV (kanan) saat memeriksa pasien anak penderita hidrosefalus yang digendong isteri Panglima Armada 3/Ola

SORONG-Ungkapan dibalik kesuksesan suami ada wanita hebat bukanlah sebuah ungkapan biasa. Ungkapan tersebut pantas disematkan pula bagi pasangan dari Brigjen TNI (Mar) Hermanto selaku Komandan Lantamal XIV yaitu Indah Haridana Setiawati Mahdi.

Berprofesi sebagai seorang dokter spesialis, Indah dan isteri Kepala Staf Armada III yang juga seorang dokter tak sungkan turun tangan memeriksa sejumlah warga pengungsi pada kegiatan simulasi tanggap bencana di Pantai Saoka, Kota Sorong, Papua Barat, Senin (4/3).

Indah yang juga menjabat sebagai Ketua Jalasenastri Lantamal XIV, menggunakan seragam kebanggan isteri prajurit TNI bersama Ketua Jalasenastri Armada III, Naniek Ariawan dan pengurus Jalasenastri lainnya menyapa setiap warga dan memberi dukungan kepada warga khususnya bagi kaum perempuan, ibu dan anak.

Seperti terlihat, Isteri Panglima Armada III dan pengurus lainnya berbincang dengan salah satu Ibu pengidap penyakit gondok serta Ibu dari penderita Hidrosefalus.

Usai berbincang dan mengecek kesehatan kedua pasien, Isteri armada III meminta bantuan Kepala RSAL Dr. Oetojo untuk memberikan perhatian kepada pasien tersebut. Setelah memberikan pelayanan kesehatan dan menyapa warga, Ketua Jalasenastri Armada III dan Lantamal XIV memberikan secara simbolis bantuan sosial bagi warga Saoka.

Salah satu warga, Mama Ice selaku Ibu dari anak penderita Hidrosefalus mengaku senang mendapatkan perhatian dari Ketua Jalasenastri dan pengurus. Dirinya berharap dengan adanya perhatian tersebut dapat membantu kelangsungan hidupnya yang serba kesulitan ditambah harus membesarkan anaknya yang kini berusia 2 tahun 9 bulan itu. "Saya berharap, Saya sehat dan anak Saya dapat tumbuh normal seperti anak-anak lainnya,"harap Ice. 

Kegiatan bakti sosial Jalasenastri ini merupakan rangkaian dari kegiatan Tanggap bencana Gempa dan tsunami yang digelar Armada III betsama satuan tugas terpadu bagi warga pesisir pantai di Distrik Maladumes.*