Pemprov Papua Apresiasi Pelaksanaan Millenial Road Safety Festival 2019

JAYAPURA - Pemerintah Provinsi Papua siap mendukung dan bersinergi dalam pelaksanaan kegiatan Millenial Road Safety Festival 2019 oleh Polda Papua yang puncak acaranya digelar Sabtu (2/3) pagi di halaman kantor Gubernur Dok II Jayapura.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Papua, kami berterima kasih dan memberi apresiasi  kepada Kapolda Papua beserta jajaran yang telah menyelenggarakan kegiatan Millenial Road Safety Festival ini"ucap Gubernur Papua, Lukas Enembe dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur bidang Kesejahteraan Rakyat dan SDM, Anni Rumbiak.

Kegiatan ini mengambil tema "mewujudkan generasi millenial cinta lalu lintas menuju Indonesia Gemilang". Hadir Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin berserta jajaran Pejabat Utama serta Staf, Kasdam Cenderawasih, Brigjen TNI Irham Waroihan, Danlanud dan perwakilan Forkopimda lainnya.

"Semoga kegiatan ini tidak hanya bersifat ceremony (resmi) tetapi diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan wawasan bagi masyarakat khususnya generasi millenial untuk bisa menunjukkan perubahan perilaku yang tertib dan patuh dalam berlalu lintas sehingga dengan demikian lalu lintas sebagai urat nadi kehidupan, cerminan budaya bangsa serta menunjukkan modernitas suatu bangsa yang dapat ditampilkanoleh masyarakat papua pada umumnya dan generasi millenial pada khususnya," kata Gubernur

Menurut Gubernur, untuk mewujudkan situasi Kamseltibcarlantas bukan semata mata tanggung jawab kepolisian akan tetapi juga diharapkan adanya peran aktif stakeholder terkait dan masyarakat lainnya

"Sekali lagi saya mengharapkan kegiatan ini dapat memupuk sikap disiplin dan tertib berlalu lintas di kalangan masyarakat Papua khususnya generasi millenial" harapnya  

Acara ini diramaikan oleh ribuan orang dari berbagai kalangan baik pelajar, organisasi kepemudaan, berbagai club sepeda motor mobil, serta  masyarakat umum yang didominasi oleh kaum millenial. Acara ini sudah dilaksanakan di kabupaten dan kota Jayapura, Keerom, Merauke, Mappi, Biak, Nabire dan lainnya.

Juga ada tampilan pagelaran budaya yang menampilkan kearifan lokal seperti aksi perang suku masyarakat pegunungan dan tarian tradisional sejumlah suku di Papua, serta dihibur oleh artis ibukota Siti Badriah dan Duo Serigala serta jebolan Stand Up Comedy asal Papua, Yewen.

Sebelumnya Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin menyebutkan hampir 60 persenkorban kecelakaan lalu lintas adalah kaum millenial.

"Untuk itu kita ingin memberikan edukasi kepada mereka tetang bagaimana menggunakan jalan yang baik, menjaga keamanan dan ketertiban dalam berlalu lintas," katanya.