Menteri Syafruddin Bertemu Perwakilan APSC Australia, Tingkatkan Kerja Sama

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin menerima kunjungan Commissioner of _Australian Public Service Commissioner_ (APSC) Peter Woolcott, di Kantor Kementerian PANRB, Senin (25/02)/Istimewa

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin menerima kunjungan Commissioner of _Australian Public Service Commissioner_ (APSC) Peter Woolcott, di Kantor Kementerian PANRB, Senin (25/02). Dalam kesempatan tersebut Menteri Syafruddin mengapresiasi langkah APSC yang telah menjalin kerjasama dengan pemerintah Indonesia, di mana salah satunya bekerjasama dengan Kementerian PANRB.

“Apa yang telah dikerjasamakan selama ini akan terus kita tingkatkan dan akan berlangsung terus. Indonesia dan Australia seperti menjadi satu, apa yang dialami Australia juga dialami oleh Indonesia,” kata Syafruddin seperti dikutip dari rilis Humas KemenpanRB, Selasa (26/2).

Menurut dia, melalui kerjasama yang telah dibangun diharapkan pula dapat membantu peningkatan kualitas sektor SDM aparatur, masalah modernisasi birokrasi, serta kepercayaan publik. 

"Apa yang dikontribusikan APSC kepada Indonesia tentunya memiliki manfaat yang besar dan terjadi perubahan besar pada pengelolaan SDM aparatur Indonesia, tuturnya.

Disampaikan meski baru menduduki kursi Menteri namun ia telah banyak terlibat kerja sama dengan Australia khususnya di bidang kepolisian bekerjasama dengan _Australian Federal Police_ di bidang _capacity building_, dimana sebelumnya Menteri Syafruddin pernah menjadi Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri (Kalemdiklat).

Lebih lanjut katanya kerja sama yang akan dijalankan kedua negara akan dibahas lebih lanjut pada _Executive Roundtable Meeting_ pada esok hari.

“Besok akan didalami dalam _roundtable meeting_ dengan lingkup yang lebih luas. Apa yang direncanakan dan diinginkan semoga dapat terwujud,” jelasnya.

APSC Terbuka

Sementara itu Commissioner of APSC Peter Woolcott menyampaikan bahwa pihaknya akan dengan terbuka membantu Indonesia dan juga Kementerian PANRB di bidang national talent management dan _public service reform_.

Peter mengatakan bahwa salah satu bentuk kerjas ama APSC dengan Indonesia adalah dalam bidang tata kelola pemerintahan. Pemerintahan yang baik merupakan kunci untuk menentukan kehebatan suatu negara. Kerja sama dalam bidang _talent manajemen_ menjadi sangat penting.

Lebih lanjut ia mengundang Menteri Syafruddin beserta jajaran untuk dapat berkunjung ke Australia guna meninjau berbagai aspek dalam sektor pelayanan publik. Kemudian untuk melihat struktur pelayanan publik dalam menciptakan pelayanan, kepercayaan masyarakat, edukasi, serta talent management.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan, APSC International Director Phil Lancaster, dan APSC APS Reform Manager Catherine Seaberg. Serta turut mendampingi Sesmen PANRB Dwi Wahyu Atmaji, Deputi Bidang Pelayanan Publik Diah Natalisa, Deputi Bidang SDM Aparatur Setiawan Wangsaatmaja, Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana Rini Widyantini, sertaStaf Ahli Bidang Budaya Kerja Teguh Widjinarko.