KNPI Kabupaten Jayapura Deklarasikan Lokasi Makam Theys Eluay Sebagai Taman Kota

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Jayapupura bersama Forkopimda Kabupaten Jayapura mendeklarasikan lokasi Makam Theys Eluay menjadi Taman Kota/Andy

SENTANI – Dalam rangka memaknai hari kasih sayang (valentine day), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Jayapura mendeklarasikan lokasi Makam Theys Eluay menjadi Taman Kota yang diberi nama Taman Theys Eluay Sentani City, Kamis (14/2) sore.

“Deklarasi lapangan atau makam Theys H Eluay sebagai taman kota adalah salah satu bagian penting dari 16 syarat dimana kabupaten ini mengikuti perlombaan secara nasional untuk meraih penghargaan Adipura,” kata Ketua KNPI Kabupaten Jayapura, Ted Suebu kepada wartawan di Sentani.

Dikatakan, dengan deklarasi taman kota yang dilakukan, maka semua komintas pemuda yang bernaung dibawa KNPI Kabupaten Jayapura akan dilibatkan dalam program Go Adipura yang telah di  canangkan Bupati Jayapura, Mathius Awaitouw.

“Kita akan gandeng pemerhati lingkungan, LSM, dunia usaha dan kelompok pemuda yang ada di Sentani ini untuk berkomitmen meraih program Go Adipura,” ujar Ted.

Menurutnya, Go Adipura adalah langkah awal untuk menyukseskan PON di Papua tahun 2020 mendatang.

“Kita pemuda selalu komitmen mendukung pemerintah untuk mensukseskan PON XX tahun 2020 di Papua dan beberapa agenda nasional lainnya di Papua. Dan juga kita (KNPI Kabupaten Jayapura) siap mendukung visi dan misi Kabupaten Jayapura dalam pembangunan daerah,” bebernya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Jayapura, Hanna Hikoyabi, mengaku bahwa pemerintah Kabupaten Jayapura sudah memiliki desain untuk menata kawasan taman kota, sehingga dengan deklarasi yang dilakukan KNPI, maka pihaknya akan segera membangun taman kota tersebut.

“Dengan deklarasi ini, pemerintah akan mulai mengatur lokasi ini menjadi taman kota, sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat yang ada di Kota Sentani,” ucap Sekda.

“Selain menata taman kota, kita juga akan menata makam dari almarhum Theys Hiyo Eluay ini sehingga tidak menjadi tempat yang kumuh lagi tetapi bersih dan elok dilihat karena beliau adalah sosok yang memperjuangankan hak-hak masyarakat Papua,” sambungnya.

Atas nama pemerintah Kabupaten Jayaoura, Hanna Hikoyabi menyampaikan terima kasih  kepada Ondofolo setempat yang telah memberikan makam Theys Eluay untuk ditata menjadi ruang terbuka hijau.

“Kita akan tata lokasi ini menjadi tempat yang bermanfaat bagi masyarakat Kota sentani, dilokasi ini akan menjadi pusat rekreasi, olahraga, dan juga keperluan lainnya,” ucap mantan Kepala Bappeda itu.

Sementara itu, tim teknis dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura, Marshall Suebu menjelaskan dari 16 kriteria penilaian adipura tahun 2017 dan tahun 2018, taman kota menjadi salah satu rapor merah.

“Ada tiga item yang menjadi rapor merah Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam meraih adipura, yakni, taman kota, hutan kota dan TPA. Jadi dengan deklarasi taman kota ini maka tersisa dua item. Kita harapkan dengan deklarasi ini segera ada aksi untuk pembangunan taman kota,” jelas Marsahall.

“Kita harapkan dua item tersisa segera digerakan dalam waktu dekat sehingga tidak ada lagi raport merah dalam penilaian adipura tahun 2019 ini,” tutupnya. *