Ribuan Massa Nyatakan Sikap Tolak Intimidasi Gubernur Papua Oleh KPK

Ribuan massa menyatakan sikap menolak intimidasi terhadap gubernur Papua, Lukas Enembe di halaman kantor Gubernur Papua, Rabu (13/2/2019)/Andi Riri

JAYAPURA-Seribuan massa gabungan Aliansi Rakyat Bersatu Bela Papua dan ASN Pemprov Papua berunjuk rasa menyatakan sikap menolak intimidasi terhadap Gubernur Papua, Lukas Enembe oleh KPK menyusul insiden yang terjadi di hotel Borobudur, Sabtu (2/2/2019) lalu

Massa  memadati halaman kantor Gubernur Papua, Rabu (13/2/2019) siang sambil membawa spanduk dan poster . Mereka menyatakan dukungan terhadap Gubernur Lukas Enembe dan jajaran SKPD pemprov Papua yang dinilai punya hati tulus untuk membangun Papua. Namun kemudian dikriminalisasi oleh KPK dengan skenario korupsi.

Salah satu Koordinator Massa, Benyamin Gurik dalam orasinya menyatakan, ada skenario besar yang dilakukan oleh pemerintah pusat melalui KPK untuk menjatuhkan Gubernur Papua melalui sejumlah isu korupsi.

"Skenario intimidasi  sudah terjadi dari periode kepemimpinan Gubernur yang lalu. Berbagai cara dilakukan oleh mereka( pemerintah pusat) untuk menjatuhkan gubernur. Dikaitkan dengan itu tentunya kami rakyat Papua marah, karena baru Gubernur Papua Lukas Enembe yang punya hati tulus dan komitmen tinggi untuk membangun Papua,"seru Benyamin yang disambut riuh tepuk tangan massa.

Dikatakan, hanya di jaman Lukas Enembe orang tidak bisa lagi sewenang wenang menggunakan anggaran, semuanya sesuai aturan bahkan karena itu di jaman Lukas Papua bisa meraih WTP dari BPK atas laporan penggunaan anggaran.  

"Hanya beliau, 10 persen saham Freeport bisa kita dapatkan. Intinya, dengan kepemimpinan beliau banyak orang di pusat yang tidak bisa lagi mencuri di Papua. Makanya mereka melakukan berbagai cara untuk menghentikan Lukas Enembe,"bebernya.

Hingga berita ini diturunkan, aksi unjuk rasa masih berlangsung. Tampak berada diantara kerumunan massa, Sekda Papua, Hery Dosinaen dan sejumlah Pejabat eselon II dan III dan pegawai Pemprov Papua. Serta sejumlah anggota DPR Papua. Saat ini massa masih menunggu kedatangan Gubernur Lukas Enembe.*