Perempuan Papua Pertama

Hanna Hikoyabi Resmi Jabat Sekda Kabupaten Jayapura

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw melantik Sekda Kabupaten Jayapura, Hanna Hikoyabi dan Kepala Kantor Agama Kabupaten Jayapura, Musa Yerisitouw di aula lantai 3 kantor bupati sentani, Senin (11/2) pagi/Andy

SENTANI-Hanna Hikoyabi resmi dilantik sebagai Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura menggantikan Yerry Ferdinan Dien yang memasuki masa pensiun. Pengambilan sumpah jabatan dipimpin langsung Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw di aula lantai 3 kantor bupati sentani, Senin (11/2) pagi.

Dalam sambutannya, bupati mengungkapkan jabatan sekda yang diemban oleh Hanna Hikoyabi adalah yang pertama di Papua.

“ Ini adalah pertama kali di Papua seorang sekda dijabat oleh seorang perempuan, itu berarti bahwa perempuan bisa bersaing dengan laki-laki. Ini menunjukan bahwa kita selalu memberikan ruang kepada setiap orang yang ingin melayani masyarakat,” ujar bupati disambut tepuk tangan hadirin.

Menurut bupati, dalam beberapa penilaian yang dilakukan oleh pihak tertentu, masih terdapat beberapa bagaian pemerintahan yang perlu dibenahi, sehingga diharapkan agar sekda yang baru mengarahkan seluruh ASN untuk meningkatkan kinerjanya.

“ Dari penilaian itu menjadi catatan penting untuk ditingkatkan, berikan pelayanan publik kepada masyarakat kita dengan profesional dan tingkatkan disiplin ASN,” pesannya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada mantan sekda Yerry Ferdinan Dien yang telah mengabdikan dirinya di Kabupaten Jayapura selama 34 tahun 11 bulan.

“ Terima kasih kepada pak Yerry Ferdinan Dien atas dedikasi dan kinerjanya dalam membangun Kabupaten Jayapura. Jika setelah ini (pensiun) dan masih berada di Kabupaten maka kami akan membutuhkan tenaga dari bapak untuk membangun Kabupaten Jayapura ini,” ujarnya.

Selain melantik Hanna Hikoyabi sebagai Sekda Kabupaten Jayapura, bupati juga melantik Musa Yerisitouw sebagai Kepala Kantor Agama Kabupaten Jayapura.

“ Kepada kepala kantor agama yang baru, kita sudah menetapkan Kabupaten Jayapura sebagai zona integritas umat beragama, dan harus tetap dijaga. Harus bisa menjaga hubungan kerjasama antar agama di Kabupaten Jayapura ini,” pesannya.*