Pengusaha Muslim di Sentani Sumbang Mobil Jenazah Untuk Gereja

H.Wagus Hidayat berfoto bersama Pdt Yosep Toisutta didampingi majelis gereja Onomi Flavouw Sentani dan Imam serta pengurus Masjid Al Aqsa Sentani, Minggu (10/2/2019)/Andi Riri

JAYAPURA - Perbedaan agama bukanlah menjadi satu hambatan bagi setiap orang untuk saling mengasihi, saling membantu antar sesama umat manusia. Hal itu pula yang ditunjukkan seorang pengusaha beragama muslim di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua,  H.Wagus Hidayat.

Guna membantu pelayanan jemaat Gereja Onomi Flavouw Sentani yang sedang mengalami duka cita, pemilik PT.Semuwa Grup ini menyerahkan sumbangan satu unit mobil jenazah yang diserahkan secara simbolis oleh H.Wagus Hidayat kepada Ketua Majelis Gereja GKI Onomi Flavouw Sentani, Pdt. Yosep Toisutta dan disaksikan oleh para jemaat usai ibadah Minggu, (10/2/2019) pagi.

H. Wagus Hidayat kepada pers mengatakan, penyerahan sumbangan mobil jenazah ini merupakan janji iman yang telah direncanakan sejak setahun lalu. Dimana dari pihak gereja mengaku membutuhkan mobil jenazah untuk pelayanaan jemaat yang mengalami kedukaan.

"Ini salah satu bentuk kepedulian kami untuk merekatkan persaudaraan antar umat beragama di Kabupaten Jayapura. Kami berharap kabupaten Jayapura bisa menjadi contoh untuk daerah lain bagaimana menjaga  integritas kerukunan umat beragama," harap Dayat yang dalam acara tersebut didampingi oleh Pengurus Masjid Al Aqsa Sentani dan dari Yayasan Semuwa Grup.

Diakui Dayat, jauh sebelumnya pihaknya juga telah memberikan bantuan mobil jenazah ke sejumlah gereja yang lain di Kabupaten Jayapura, termasuk membantu pembangunan sejumlah gereja.

"Jadi kami tidak hanya terfokus ke gereja tetapi juga tempat ibadah umat Hindu dan pastinya umat Islam. Intinya kami sangat menginginkan di kabupaten ini dapat tercipta rasa yang aman, nyaman oleh semua umat beragama," ucap Dayat yang juga saat ini tercatat sebagai Calon Legislatif DPRD Kabupaten Jayapura dari partai PPP dengan nomor urut 5.

Jawab Pergumulan

Sementara itu Ketua Majelis Gereja Onomi Flavouw Sentani, Pdt Yosep Toisutta menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak PT.Semuwa Grup yang telah meringankan beban pergumulan gereja yang selama beberapa tahun merindukan adanya kendaraan mobil jenazah untuk pelayanan bagi jemaat yang dirundung duka cita (kematian).

"Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT.Semuwa Grup dan bapak haji Wagus Hidayat yang sudah memberikan perhatian bagi gereja yang ada kabupaten Jayapura terlebih khusus gereja Onomi Flavouw dengan bantun mobil jenazah ini," ucapnya.

"Kami juga menyampaikan terima kasih kepada pengurus dan imam masjid Al Aqsa yang juga selama ini memberikan kontribusi bagi kami, menjalin komunikasi  yang baik dengan kami,"ucapnya lagi.

Yosep berharap ke depan jalinan kerjasama yang sudah terjalin dengan baik selama ini terus dapat terwujud.

"Kita harus mewujudnyatakan kerukuan beragama di kabupaten Jayapura. Yang mana tidak hanya slogan retrorika tetap ada tindakan nyata sehingga lewat peristiwa hari ini, dapat dinyatakan bagi seluruh umat beragama di tanah Papua khususnya di kabupaten Jayapura bahwa sesungguhnya hidup bersaudara, persaudaraan itu sangt baik dan diberkati oleh Tuhan," serunya.

Di kesempatan itu, pendeta Yosep juga menegaskan kepada jemaat bahwa pemberian bantuan ini tidak ada unsur politiknya.

"Ini murni semua pemberian bantuan ini. Sebab Semuwa grup sudah melakukan pelayanan pemberian bantuan kepada semua gereja di kabupaten Jayapura bukana hanya gereja Onomi tetapi juga gereja Marthen Luter dan sejumnlah gereja lainnya. Kami harap tidak ada pikiran dan unsur negatif dengan situasi politik saat ini," tegasnya mengingatkan.*