Sebanyak 85 Atlet Disiapkan PASI Papua Jelang PON XX

Atlet atletik Papua saat mengikuti even Kejurda di Serui berapa waktu lalu/Humas KONI Papua

JAYAPURA - Sama halnya dengan cabang olahraga lainnya, Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (Pengprov PASI) Papua mulai bergerak cepat untuk menyiapkan atlet-atletnya jelang menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2020 mendatang.

Salah satunya yakni sebanyak 85 Atlet sudah dijaring oleh Pengprov PASI Papua dari hasil Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dan Kejuaraan Daerah (Kejurda) 2018 lalu.

"Jadi, dari hasil kejurnas dan kejurda, kita sudah menjaring 85 atlet. Mereka juga sudah mengikuti tes kesehatan dan fisik yang dilakukan oleh Koni Papua,” kata Sekretaris Umum PASI Papua Amon Beroperay kepada pers di Jayapura, Senin (28/1).

Amon mengatakan, atlet PASI Papua sejak bulan Oktober 2018 sudah melaksanakan pemusatan latihan. Untuk Atlet di wilayah Jayapura latihan di tiga tempat yakni, di Stadion Mandala Jayapura, stadion Bas Youwe dan Skouw.

Sementara atlet yang berada di daerah, katanya, melalui Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) PASI sudah memberikan program latihan dan atlet malakukan latihan bersama pelatih di daerahnya masing-masing.

Menurut Amon, sesuai dengan Rencana Strategi (Rentra) Koni, tes parameter kedua akan berlangsung bulan Maret 2019. Oleh karena itu, PASI Papua akan menyiapkan atlet dari daerah untuk mengikuti agenda tes tersebut.

Amon menambahkan, jumlah atlet yang sekarang mengikuti pemusatan latihan akan diseleksi lagi.

"Dari 85 atlet ini, saya ingin kita prioritas utama peraih medali nanti di PON. Artinya, atlet yang lolos ke PON itu yang benar-banar meraih medali emas untuk Papua,” tandasnya. *