Ini Lima Program Dishut Papua di 2019

Plh Kadishut Papua, Yan Richard Pugu/Istimewa

JAYAPURA- Setelah ditunjuk menjadi Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Kehutanan, Yan Richard Pugu mengklaim akan langsung melanjutkan tugas tugas kedinasan yang ditinggalkan oleh Kepala Dinas Kehutanan sebelumnya.

Kepada pers di ruangannya, Rabu (23/1/2019), Yan membeberkan lima program dinas kehutanan yang akan mulai dikerjakan dalam tahun anggaran 2019.

Lima program pembangunan yang akan dilakukan pihaknya meliputi program pemanfaatan potensi sumber daya hutan (SDH), rehabilitasi hutan dan lahan, perlindungan hutan dan konservasi SDH, perencanaan dan pengelolaan hutan, serta tidak ketinggalan program deforesisasi di Provinsi Papua.

"Tugas tugas kedinasan siap saya kerjakan, dengan tentunya berkoordinasi dan melaporkan kinerja yang dilakukan kepada Gubernur Papua, melalui Sekretaris Daerah Provinsi Papua,"ungkap Yan.

Kabid Perlindungan Hutan Dinas Kehutanan Provinsi Papua ini menjelaskan, program yang dilakukan tentunya mengacu pada perencanaan yang sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018 -2023 dan Rencana Strategis (Renstra)

“Bicara tugas yang diemban ini, pada dasarnya, ini hal yang normatif dalam birokrasi pemerintaha, sehingga saya selaku ASN siap melaksanakan tugas agar Dinas Kehutanan terus berjalan tanpa ada hambatan-hambatan,”tegasnya.

Sebelumnya, Gubernur Provinsi Papua menunjuk Yan Richard Pugu sebagai Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua menggantikan sementara Jan Jap Ormuseray yang tengah tersandung masalah pidana.

"Dengan persetujuan Gubernur Papua, Lukas Enembe, kami telah menunjuk salah satu pejabat eselon III sebagai Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua,” ungkap Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Hery Dosinaen, Selasa (22/1) siang.*