Osvaldo Lessa Didepak dari Kursi Pelatih Persipura

Osvaldo Lessa/Istimewa

JAYAPURA- Di tengah kesibukan Persipura Jayapura mencari sponsor untuk kompetisi Liga 1 musim depan, kabar mengejutkan datang dari manajemen Persipura Jayapura, yakni pemberhentian Osvaldo Lessa dari kursi pelatih Persipura Jayapura.

Pemberhentian Osvaldo Lessa disampaikan langsung oleh Asisten Menajer Persipura Jayapura, Bento Madubun kepada pers di Kota Jayapura, Minggu (13/1) sore.

Bento Madubun mengatakan bahwa pemberhentian Osvaldo Lessa dilakukan setelah menajemen melakukan meeting dan hasil meeting tersebut adalah tidak melanjutkan kontrak dari Osvaldo Lessa.

"Terkait Lessa, kemarin kita meeting dan dari hasil meeting itu diputuskan bahwa kita tidak lanjut dengan Lessa," ujar Bento.

Bento mengungkapkan alasan menghentikan Lessa dari jabatan pelatih Persipura karena pihaknya ingin ada momentum kebangkitan tim di musim ini.

"Jadi kemarin kita belum merasakan bahwa tim ini sudah bangkit sesuai dengan apa yang kita inginkan. Ekspektasi masyarakat belum sampai kesana sehingga kita ingin agar ada penyegaran lagi dan berharap kita dapatkan itu di musim yang baru ini," jelasnya.

Untuk pengganti Lessa, Bento menyampaikan bahwa pihaknya sementara berkomunikasi dengan 3 atau 4 pelatih asing yang sudah mengenal karakter pemain Persipura, sehingga mampu menumbuhkan moment kebangkitan di dalam tim Persipura.

"Pelatih yang diincar adalah pelatih asing, namun pelatih yang diincar pernah menangani tim di liga 1 juga sehingga bisa mengenal kekuatan tim Persipura dan mengenal kekuatan tim lawan sehingga jauh lebih mudah beradaptasi," ungkapnya.

Mewakili manajemen, Bento menyampaikan terima kasih kepada Osvaldo Lessa dan berharap kedepannya coach Lessa bisa terus menapaki karier dengan baik dan sukses. Dan berharap suatu saat bisa kembali bekerjasama di tahun-tahun yang akan datang.

"Semoga ini bukan menjadi kerjasama terakhir kita dengan coach Lessa, masih terbuka pintu buat kita untuk bekerjasama lagi dengan coach Lessa," tandasnya.

Osvaldo Lessa ditunjuk sebagai pelatih Persipura pada September 2018 mengantikan pelatih Amilton de Oliviera yang dipecat menajemen Persipura. Di masa kepelatihan Osvaldo Lessa, Persipura hanya mampu finish di peringkat 12 dengan mengoleksi 44 point. *