Forum Bupati Wali Kota Tanah Tabi Fokuskan Konektivitas Infrastruktur

Forum Asosiasi Bupati Walikota se-Tanah Tabi/Humas Pemkot Jayapura

JAYAPURA- Konektivitas Infrastruktur di wilayah Tabi menjadi fokus pembahasan dalam forum Bupati dan Walikota Se-Tanah Tabi yang digelar di Hotel Grand Alisson, Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (9/1) kemarin.

Dengan berlandaskan tema "Deklarasi Metu Debi Merajut Spirit Tabi" Bupati Walikota beserta unsur agama se-Tanah Tabi memiliki tujuan untuk menyatukan daerah dengan percepatan pembangunan.

"Dalam forum ini kita membahas tentang konektivitas infrastruktur di Tanah Tabi, juga kita bicara soal ekonomi, seperti hutan sagu yang sudah hampir punah dan juga di bidang lainnya," ujar Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano.

Selain membahas konektivitas pembangunan antar daerah Tabi, dalam forum tersebut juga digelar pemilihan ketua Asosiasi Bupati Wali Kota se-Tanah Tabi, dimana Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw terpilih sebagai ketua.

Dalam forum tersebut, ada lima poin pembahasan yang menjadi pokok perhatian khusus dalam pembangunan yakni ekonomi kerakyatan, pemberdayaan masyarakat adat, sumber daya manusia, pelestarian lingkungan, sumber daya alam dan pembangunan energi.

"Dari awal kita sudah menggagas wilayah ini harus ada suatu forum bentuk kerjasama yang kita harus bangunkan untuk percepatan pembangunan di kawasan ini," ujar Mathius.

Mathius mengatakan, konektivitas daerah Tabi ini perlu dilakukan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tabi serta memberikan perlindungan masalah lingkungan hidup dan hutan yang harus dikelola oleh masyarakat, dengan memperhatikan SDM di bidang pendidikan dan kesehatan.

Forum ini juga berencana akan menggelar seminar tentang enam poin yang digagas, sekaligus pendeklarasian pada 10 Maret mendatang. *