Kapolda Prihatin Terhadap Generasi Papua yang Terjerumus Miras

: Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin usai mengikuti ibadah Minggu di Gereja Protestan Indonesia (GPI) di Tanah Papua Klasis Jayapura, Jemaat Anugrah Jalan Raya Abepura, Bucen VII Entrop/Humas Polda

JAYAPURA,- Selama enam bulan bertugas sebagai Kepala Kepolisian Daerah Papua, Irjen Pol Martuani Sormin mengungkapkan banyak keprihatinan terkait masalah sosial yang terjadi di Papua.

"Kurang lebih enam bulan saya bertugas di Provinsi Papua ini, banyak hal yang telah saya lihat, saya rasakan, dan saya dengar serta alami, tapi ada pemandangan yang selalu mengusik saya apalagi pas hari Minggu, seringkali saya temukan di pinggir kota, di emperan toko, beberapa pemuda bahkan anak – anak tergeletak tak sadarkan diri  akibat miras,” ungkap Irjen (Pol) Drs. Martuani Sormin saat memberikan sambutan usai mengikuti ibadah Minggu bersama istrinya di Gereja Protestan Indonesia (GPI) di Tanah Papua Klasis Jayapura, Jemaat Anugrah Jalan Raya Abepura, Bucen VII Entrop.

Kapolda pun menuturkan selama bertugas di Papua berbagai macam persoalan sosial dan kemanusiaan yang sudah ia hadapi dalam tugas pelayanan sebagai Kapolda Papua, sehingga ia berharap umat kristiani juga harus menunjukkan kepeduliannya untuk mendorong dan memberikan semangat agar anak – anak asli Papua bisa lepas dari hal – hal negative, dan pengaruh buruk dan bisa bangkit mengejar ketertinggalan mereka.

“Selama bertugas disini, saya banyak belajar tentang arti kemanusiaan, sama seperti kasus di Nduga kemarin, makanya kita dituntut untuk memiliki kepedulian yang tinggi bagi sesama, dimulai dari lingkungan kita dahulu,” kata Kapolda.

Ia berharap umat gereja harus ikut memberikan pemahaman dan pengetahuan yang baik agar perlaku negative yang merugikan sendiri bisa makin dikurangi, mulai dari mabuk – mabukan, berkelahi, KDRT, juga termasuk pemalangan, apalagi bila yang dipalang adalah sekolah, karena sekolah adalah tempat memberikan pelajaran dan pendidikan bagi generasi Papua.

Sementara Pdt. Jhon Leleuli, Ketua Klasis GPI Papua dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kedatangan Kapolda Papua yang sudah mau menyempatkan waktu untuk ikut beribadah bersama – sama dengan warga jemaat di Gereja Anugerah Bucen VII.

“Kami para jemaat turut serta mendoakan dan membantu demi kelancaran tugas – tugas kepolisian khususnya agenda nasional yaitu Pileg dan Pilpres 2019,” kata Pdt. Jhon Leleuli. *