Operasi Lilin Matoa, 1.720 Personil Gabungan Dilibatkan

Kapolda Papua saat memimpin gelar pasukan dalam operasi lilin Matoa di halaman Mako Brimob Polda Papua/Cholid

JAYAPURA,- Sebanyak 1.720 personil gabungan dari Polda Papua dan Polres jajaran dikerahkan dalam operasi Lilin Matoa 2018 yang akan dilaksanakan selama 12 hari ke depan, terhitung dari tanggal 21 Desember hingga 1 Januari 2019 mendatang.

Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin menerangkan 1.720 personil akan dilibatkan dalam 76 pos  ngamanan dan pelayanan  di seluruh wilayah hukum jajaran Polda Papua.

"Selama Operasi lilin Matoa 2018 Polda Papua dan Polres Jajaran akan mendirikan 27 pos pelayanan dan  49 pos pengamanan di titik titik yang sudah ditentukan," ungkap Kapolda ketika memimpin gelar pasukan dalam rangka Operasi Lilin Matoa 2018 di lapangan Mako Brimob Polda Papua, Jumat (21/12) pagi.

Ia pun menuturkan sasaran dalam Operasi Lilin Matoa 2018 yakni tempat, orang, barang dan kegiatan seperti Gereja, pusat perbelanjaan, pemukiman, tempat wisata, bandara/pelabuhan serta melakukan pengamanan di tempat-tempat ibadah natal dan tahun baru, serta arus mudik/balik.

"Selain anggota TNI/Polri yang terlibat dalam operasi dengan sandi Lilin Matoa ini ada rekan kami dari unsur terkait yang membantu untuk bersinergi," jelas Kapolda.

Dirinya pun berharap pelaksanaan natal dan tahun baru dapat berjalan dengan hikmat tanpa ada gejolak di Papua, diharapkan seluruh masyarakat yang ada saling menghormati satu sama yang lain supaya dapat terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif. *