Pemkab Yapen Bakal Renovasi Stadion Marora Serui

Bupati Kepulauan Yapen, Tony Tesar/Andi Riri

JAYAPURA,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Kepulauan Yapen mengklaim bakal merenovasi Stadion Marora, Serui, yang rencananya akan digunakan untuk penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020.

Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, Tony Tesar kepada pers di Jayapura belum ini menyatakan, daerahnya akan menjadi salah satu penyangga tuan rumah PON XX tahun 2020 di Papua.

Menurut Tony Tesar, menyambut multievent empat tahunan itu, pihaknya akan segera melakukan perbaikan stadion Marora, Serui.

"Kita akan renovasi stadion, khususnya rumput dan lampu. Kalau fasilitas lainnya sudah lengkap," katanya.

Sebagai kota penyangga penyelenggaraan PON, ujar Toni, Kota Serui akan memperlombakan cabang olahraga sepak bola wanita (Galanita).

Sementara itu, untuk membenahi home base klub sepak bola Perseru Serui itu, Toni berharap ada sharing dana antara pemkab dan provinsi.

“Kita berharap ada sharing dana dari Provinsi, kita sendiri sudah anggarakan di APBD 2019,” harapnya.

Pencahayaan Lampu

Tony menambahkan, saat ini pencahayaan lampu di Stadion Marora, baru mencapai 800 LUX. Oleh karena itu pihaknya akan menambah agar memenuhi standarnya, yakni mencapai 1.200 LUX. 

Lalu terkait dengan masalah akomodasi dan transportasi, kata mantan angota DPD RI ini, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Menteri Perhubungan RI. Sedangkan untuk tempat tinggal tidak ada kendala, karena telah disediakan hotel maupun asrama sekolah yang bisa menampung 300 orang.

“Pastinya kita siap untuk menyelenggarakan pertandingan sepak bola wanita, masih ada waktu satu tahun kedepan untuk benahi stadion Marora,”pungkasnya.*