Lagi, Ratusan Rumah Warga BTN Gajah Mada Sentani Terendam Banjir

Banjir di perumahan warga BTN Gajah Mada Sentani/Andy

SENTANI,- Hujan deras yang mengguyur Kota Sentani, Kabupaten Jayapura sejak Minggu (16/12) subuh menyebabkan ratusan rumah warga yang berada di BTN Gajah Mada Kampung Yahim Sentani, Kabupaten Jayapura terendam banjir setinggi lutut orang dewasa.

Banjir ini terjadi setelah sungai yang berada di samping perumahan warga meluap dan masuk ke rumah warga.

“Kami warga perumahan Gajah Mada setiap kali turun hujan dengan intensitas tinggi, pasti rumah kami terendam,” kata Kristian warga BTN Gajah Mada, Minggu (16/12) siang.

Akibat banjir ini, kata Kristian, sejumlah barang milik warga seperti peralatan rumah tangga, kasur, alat elektronik dan kendaraan roda dua ikut terendam banjir.

“Warga juga memilih mengungsi ke rumah kerabat terdekat, sambil menunggu air surut untuk kembali ke rumah dan membersihkan sisa banjir,” ujarnya.

Ia meminta pemerintah daerah Kabupaten Jayapura turun ke lokasi dan menyelesaikan masalah ini. ”Kami harap pemerintah turun dan mencari solusi bersama kami supaya tidak lagi terjadi banjir, karena sudah 4 tahun kondisi ini terus terjadi,” terangnya.

“Kami berharap agar di moment Natal ini kami bisa tinggal di rumah dan merayakan natal bersama dengan keluarga, bukan merayakan natal di tenda pengungsian,” tambahnya.

Dari pantauan di lokasi hingga sore, banjir mulai surut dan sejumlah warga mulai membersihkan rumah dari sisa lumpur banjir. *