Presiden Jokowi Serahkan DIPA 2019, Untuk Papua Alami Peningkatan

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal menerima DIPA yang diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (11/12)/Istimewa

JAKARTA, - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2019 kepada seluruh pemerintah di Indonesia termasuk Provinsi Papua.

Penyerahan DIPA ini berlangsung di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (11/12)

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal mewakili pemerintah Provinsi Papua mengaku bersyukur kepada negara, sebab APBN 2019 mengalami peningkatan yang membuat dana ke daerah juga mengalami peningkatan. 

Diungkapkan Klemen, Presiden dalam arahannya meminta semua daerah dapat menggunakan anggaran sebaik baiknya untuk pembangunan.p

"Tidak digunakan untuk kegiatan dinas, tetapi digunakan untuk kegiatan inti yang mempunyai outputnya yang berkualitas," jelas Wagub menirukan ucapan Presiden Jokowi.

Disinggung mengenai besaran DIPA yang diterima Papua untuk tahun 2019, Klemen Tinal mengaku ada peningkatan jika dibanding tahun sebelumnya

"Totalnya kita belum lihat, tetapi pasti ada peningkatan. Dana tersebut akan kita gunakan bagaimana meningkatkan kualitas pembangunan sesuai rencana pembangunan menengah daerah (RPJMD kita," katanya.

Wagub mengakui, sebelum penyerahan DIPA 2019, Pemerintah Provinsi Papua sudah bertemu Presiden membicarakan pembangunan Infrastruktur Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Papua tahun 2019 dan 2020 akan fokus untuk menyelesaikan infrastruktur PON, selain akan fokus untuk kegiatan utama yang dapat memberikan manfaat optimal pada masyarakat.

Namun, perlu diketahui bahwa PON itu bukan milik kita, kata Klemen, Papua hanya sebagai tuan rumah penyelenggara, iven ini menjadi tanggungjawab bersama, yakni Pemprov Papua dan Pemerintah Pusat.

PON di Papua membutuhkan anggaran yang besar, dan itu semua sudah dilaporkan kepada Presiden Jokowi.