Bertahan Hidup 10 Hari Dengan Makan Daun Pakis

Lagi, Tim Gabungan TNI-Polri Temukan Tiga Pekerja Selamat

Proses evakuasi korban penembakan KKB oleh tim gabungan TNI-Polri/ Istimewa

JAYAPURA,-Upaya aparat gabungan TNI-Polri melakukan pencarian terhadap korban selamat di sekitar puncak Kabo, Distrik Yigi Kabupaten Nduga kembali membuahkan hasil. Dimana pada Senin (10/12) sekitar pukul 11.30 WIT, aparat berhasil menemukan 3 pekerja dalam keadaan selamat.

Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi, kepada pers di Kota Jayapura mengatakan, ketiga orang yang ditemukan adalah pekerja bangunan yang sementara bekerja membangun sekolah di Distrik Yigi. “Tiga orang yang ditemukan adalah Yusuf Tesa (50), Dedi Parambean (34) dan Martinus Sapan (42),” ujar Aidi.

Aidi mengungkapkan, ketiganya berhasil menyelamatkan diri setelah mendapat informasi dari warga asli Yigi bahwa mereka akan di tangkap dan dibunuh

“Dari penuturan para korban bahwa pada hari Sabtu (1/12) terjadi penyisiran oleh Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) ke rumah-rumah warga untuk mencari para pekerja khusus pendatang. Namun ada warga asli kampung Yigi sempat memberiitahu mereka agar segera melarikan diri ke hutan karena mereka akan ditangkap dan dibunuh,”kata Aidi yang menceritakan kembali kesaksian para korban.

Lanjut Aidi, keesokan harinya Minggu (2/12) saat berada di dalam hutan mereka mendengar suara tembakan rentetan dari arah puncak Kabo yang tidak jauh dari tempat mereka bersembunyi.  “ Mereka tahu bahwa telah terjadi eksekusi pembunuhan tetapi mereka tidak tahu siapa saja dan berapa jumlah korbannya. Dan selama 10 hari bersembunyi di hutan kata Aidi, ketiga korban bertahan hidup dengan makan daun pakis,” tambahnya. Rencananya, ketiganya akan diterbangkan ke Wamena ada Selasa pagi ini menggnakan helikopter.