Peneliti Sebut Konsumsi Susu dan Sarapan di Sorong Cukup Baik

Gerakan Nusantara oleh Frisian Flag di SD Inpres 109 Kota Sorong/Ola

SORONG,-Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (PKGK UI), Ir. Ahmad Syafiq, MSc, PhD, menyatakan bahwa dari hasil Training of Trainers (TOT) yang dilakukan kepada sejumlah guru terkait pedoman gizi seimbang menunjukan bahwa konsumsi susu dan sarapan di Sorong cukup baik.

Pernyataan Syafiq ini disampaikan saat bincang-bincang program edukasi gizi anak usia sekolah 2018, gerakan Nusantara (Minum susu tiap hari untuk anak cerdas aktif Indonesia) yang diselenggarakan oleh PT. Frisian Flag di SD Inpres 109 Kota Sorong, Papua Barat, Jumat (7/12).

"Nilai pengetahuan guru pada pelatihan, dari pre test sebesar 50,7 meningkat menjadi 82,3 persen. Hal ini juga terjadi pada orang tua. Ini menunjukan bahwa informasi gizi sampai juga di Papua dan Gerakan Nusantara ini berdampak sangat baik," ujar Syafiq.

Ditambahkan olehnya bahwa kegiatan TOT sebagai salah satu metode yang terbukti efektif untuk memberikan ilmu kepada guru dan orang tua murid terkait pedoman gizi seimbang.

Corporate Sustainability Development Manager Frisian Flag Indonesia, Refa Hayudi Griyanda menjelaskan bahwa 
Program gerakan Nusantara sejak 2013 dan telah menjangkau 3.798 sekolah dan 2.132.740 siswa yang tersebar dari Indonesia bagian Barat hingga Timur.

Pada pelaksanaan di Kota dan Kabupaten Sorong, dilakukan terhadap 178 guru dari 53 sekolah dan menjangkau 17.324 murid.

"Gerakan Nusantara merupakan komitmen Frisian Flag Indonesia untuk membangun keluarga Indonesia yang kuat. Sebagai produsen produk berbasis susu, kami juga berusaha meningkatkan pengetahuan tentang gizi seimbang, pentingnya membiasakan minum susu setiap hari dan gaya hidup sehat serta aktif agar anak Indonesia dapat meraih potensi tertinggi," ujar Syafiq.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sorong, Petrus Korisani yang mewakili Wali Kota Sorong, Kepala Dinas P dan K Kabupaten Sorong, 
Kadis, Kepas kalasuat, Kepala SD Inpres 109 Sorong, Maryatin dan sejumlah Kepala Sekolah serta guru SD Kota dan Kabupaten Sorong.
Selain itu juga digelar lomba menu sehat dengan tema Pelangi di piring makanku.*