Pelni Jayapura Siapkan 6 Kapal untuk Antisipasi Arus Mudik Natal dan Tahun Baru

Kapal Penumpang Milik PT Pelni/Google

JAYAPURA,- Guna mengantisipasi arus mudik jelang perayaan natal dan tahun baru, PT Pelayaran Indonesia (Pelni) cabang Jayapura, menyiapkan 6 kapal penumpang.

Keenam kapal itu, termasuk salah satunya kapal KM Tidar yang sengaja di datangkan untuk diperbantukan mengangkut para pemudik yang akan merayakan hari raya keagamaan ke daerah masing-masing.

Kepala cabang, PT Pelni Jayapura, Rudi Pentury mengungkapkan, 5 kapal penumpang diantaranya merupakan kapal yang selama ini telah melayani penumpang ke Pelabuhan Jayapura, yaitu KM Dobonsolo, Sinabung, Gunung Dempo, Ciremai dan Labobar, serta satu kapal yang diperbantukan yaitu KM Tidar.

“Kita sengaja mendatangkan satu kapal penumpang itu untuk membantu pengangkutan masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru dari dan tujuan ke Pelabuhan Jayapura ini," ujar Rudy di Jayapura, Rabu (5/12).

Selama ini, kapal tersebut memang tidak pernah singgah ke Jayapura ini. KM Tidar ini, nantinya akan mulai melayani 23 Desember mendatang dengan tujuan Serui, Nabire, Manokwari, Sorong, Ambon, Namlea, Baubau dan Makassar,” tambahnya.

Rudy memprediksi, jika belajar dari tahun sebelumnya, jumlah penumpang itu baik dari maupun tujuan Pelabuhan Jayapura ini akan mengalami peningkatan hingga 2 persen dari tahun sebelumnya, di mana jumlah itu berkisar 2.500 penumpang.

Untuk itu, pihaknya pun menghimbau para pengguna jasa kapal penumpang tersebut, agar dalam hal membeli tiket, bisa dilakukan dari jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan tiba.

 “Guna mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang di saat peak season, kita menghimbau masyarakat mulai dari sekarang sudah bisa merencanakan jadwal keberangkatannya sesuai dengan jadwal kita. Sehingga tidak terjadi penumpukan jumlah penumpang dalam satu kapal, Pelni mulai 18 hingga 27 Desember, sudah akan mulai menyediakan ke enam kapal penumpang tersebut di Pelabuhan Jayapura,” jelas Rudy.

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada para steakholder lainnya terutama terhadap PT Pelindo IV Jayapura, agar segera bisa meninjau kembali pelabuhan tersebut, terkait kesiapannya menjelang masa peak season, karena hingga saat ini pelabuhan itu, dirasa masa sangat kecil untuk bisa menampung jumlah penumpang khususnya pada saat masa peak season tiba. *