Komnas HAM Papua

Aksi Bakar Lilin di Imbi Sore Nanti Untuk Tragedi Kemanusiaan di Nduga

Foto Roberth

JAYAPURA,- Plt Kepala Komnas HAM, Perwakilan Papua, frits Ramandey mengungkapkan atas insiden kemanusiaan yang terjadi di Distrik Yigi Kabupaten Nduga yang menewaskan puluhan pekerja proyek, pihaknya akan melakukan aksi bakar lilin yang akan berlangsung di Taman Imbi Kota Jayapura, Rabu (5/12) sore sekitar pukul 18.00 WIT.

Dirinya menuturkan aksi bakar lilin tersebut tujuan utama tidak lain ialah mendoakan para korban dalam tragedi itu, selain itu juga sebagai simbol menolak kekerasan di tanah ini. Disisi lain untuk mendoakan agar Nduga kondusif.

“Membakar lilin sebagai simbol mendoakaan mereka (korban red) yang telah tiada, serta kepada pihak keluarga untuk diberikan ketabahan. Selain itu juga bakar lilin ini sebagai ungkapan untuk mendukung TNI-Polri dalam melakukan evakuasi,”ujarnya kepada wartaplus.com, Rabu siang.

Kata Frits, simbol 70 lilin dalam aksi ini adalah memperingati 70 tahun hari HAM yang akan jatuh pada tanggal 10 Desember mendatang.

Ia pun mengajak kepada  seluruh  element masyarakat agar turut ambil bagian dalam mendoakan sanak saudara kita yang menjadi korban dalam insident kemanusiaan yang terjadi di Nduga. *