Kakanwil Kemenkumham Papua Barat Dijabat Anak Asli Papua Anthonius Ayorbaba

Kakanwil Kemenkumham Papua Barat Anthonius Ayorbaba/Istimewa

MANOKWARI,- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Papua Barat, kini dijabat anak asli Papua, Anthonius Ayorbaba.

Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat termuda di Indonesia itu, dilantik oleh Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Yasonna H. Laoli, Jumat (30/11), di Jakarta.

"Jadi, bagi saya pelantikan ini merupakan muzijat Tuhan, sebab tanpa dikonfirmasi terlebih awal agar melakukan persiapan, namun karena campur tangan Tuhan, maka saya bisa dilantik menjabat Kakanwil Kementerian Hukum dan Ham Papua Barat," ucap Ayorbaba, Jumat setelah pelantikan.

Diutarakan Ayorbaba, pelantikan ini merupakan tanggungjawab besar dari negara untuk membangun Tanah Papua lebih khusus di Papua Barat.

Sebelum dipercayakan Negara menjabat Kakanwil Kemenkumham Provinsi Papua Barat, Ayorbaba menjabat sebagai Kepala Divisi Pemasyarakatan Sulawesi Utara, tetapi pernah juga menjabat sebagai Kepala Lapas Abepura Jayapura, Papua.

Ayorbaba, juga pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Registrasi Perawatan Bina Khusus Perawatan Narkotika Kanwil Hukum dan Ham Papua Barat. Dia (Ayorbaba) juga pernah menjabat sebagai Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Papua Barat.

Dengan karirnya itu, Ayorbaba kini dipercayakan Negara untuk kembali membangun Ttanah Papua, khusus di Provinsi Papua Barat melalui jabatan barunya sebagai Kakanwil Kementerian Hukum dan  Ham Papua Barat.

Dengan kepercayaan negara bagi anak asli Papua kembali ke Papua Barat, maka tentu saja menjadi kebanggaan tersendiri. Bahkan didalam diskusi grop whatsapp di Papua Barat banyak mengalir ucapan  selamat atas pelantikan  Anthonius Ayorbaba, sebagai Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat. *