Antisipasi Kemacetan di PON XX, Pemerintah Distrik Sentani Timur Akan Bangun Jalan Alternatif

Kepala Distrik Sentani Timur, Steven Ohee/Andy

SENTANI,- Guna mengantisipasi kemacetan lalulintas pada pelaksanaan PON XX tahun 2020 di Kabupaten Jayapura khususnya Kampung Harapan Distrik Sentani Timur, pemerintah distrik bersama masyarakat setempat berencana membangun jalan alternatif menuju Kota Sentani dan Bandara Sentani.

"Kita sudah lakukan pertemuan dengan Pemerintah Kabupaten Jayapura, balai jalan, dan masyarakat. Kita sepakat untuk membangun jalan alternatif menuju Bandara Sentani," kata Kepala Distrik Sentani Timur, Steven Ohee di Kampung Harapan, Kamis (22/11) siang.

Dikatakan, jalan yang dibangun sepanjang 6-8 kilometer menyusuri Danau Sentani menuju Bandara Sentani.

"Jalan itu akan dibangun mulai dari Telagaria, melewati pinggiran Danau Sentani, tembus di Kampung Nendali kemudian melewati pinggiran gunung menuju ke Yabaisow. Panjangnya sekitar 6-8 kilometer," jelasnya.

Steven mengaku jalan ini akan terlihat indah karena melewati pinggiran danau dan menyuguhkan pemandangan yang indah. "Jalan ini akan memberikan pemandangan indah karena menunjukkan view Danau Sentani bersama hutan sagu yang ada di sepanjang jalan," ucapnya.

Ia menambahkan, jalan akternatif ini akan dibangun pada tahun 2019 mendatang dan optimis selesai sebelum pelaksanaan PON.

"Bupati bersama balai jalan, dan dinas Pekerjaan Umum sudah setuju untuk dilakukan pembangunan. Luas jalannya 25 meter dan terbagi menjadi dua jalur, kita optimis selesai tepat waktu," tegasnya.

"Kita sudah rapatkan dua kali bersama masyarakat di tiga kampung yakni Kampung Asei Kecil, Asei Besar dan Kampung Nendali dan masyarakat juga sudah setuju untuk pembangunan jalan," sambungnya.

Disinggung soal anggaran yang akan dikeluarkan, Steven mengaku tidak mengetahui secara pasti. "Kalau anggaran saya tidak tahu, tugas saya hanya meyakinkan masyarakat saja," tutupnya. *