Pemkot Sorong Gandeng PLN Tanam 1000 Pohon

Peserta penanaman pohon berpose bersama usai penanaman pohon/Ola

SORONG,-Pemerintah Kota Sorong menggandeng BUMN, PT. PLN menanam 1000 pohon di kawasan Konservasi Bukit Baru Kota Sorong, Papua Barat, Jumat (23/11). Kepala Dinas Perlindungan dan Pengelolan Lingkungan Hidup (PPLH) Kota Sorong, Julian Kelly Kambu dalam laporannya mengatakan bahwa dasar tindakan kegiatan tersebut untuk mewujudkan misi kelima pemerintah Kota Sorong yaitu pembangunan yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan. Perda nomor 14 tahun 2009 tentang fungsi dan peranan rehabilitasi hutan dan lahan pada KWA DAS Remu Sorong serta kemitraan BUMN terhadap lingkungan.

Ditambahkan oleh Kelly bahwa lahan yang disediakan untuk penanaman pohon sekitar setengah hektar yang merupakan kawasan konservasi dan juga milik ulayat Malaisimsa Osok. Sehingga diharapkan ada kerjasama dengan BUMN, OPD lainnya untuk dapat menanam pohon dikawasan tersebut agar lima sepuluh tahun mendatang kawasan tersebut bisa menjadi penyuplai oksigen, serapan air dan wisata warga Sorong. "Kalau ada pohon mata air mengalir, tapi kalau tidak ada pohon, air mata yang mengalir," seru Kelly.

Sedangkan Wali Kota Sorong, Lambertus Jitmau mengajak setiap BUMN, BUMD untuk peduli terhadap lingkungan dan menjadikan kawasan tersebut sebagai Taman Wisata Alam. Sehingga perlu kerjasama masyarakat setempat untuk bersama pemerintah menjaga kelestarian dan keamanan kawasan tersebut.

"Menanam hari ini tidak rugi, kawasan ini akan dijadikan kawasan wisata alam. Masyarakat bisa menghirup oksigen murni disini, mari mencintai alam dan mewarisi alam bagi anak cucu kita,"ajak Wali Kota.

Sedangkan, senior Manager Operasi Konstruksi PLN Unit Pembangunan Papua, Tona Indora menjelaskan bahwa keterlibatan PLN sebagai bentuk komitmen PLN dalam ikut serta melestarikan alam.

"Saat ini PLN sedang gencar-gencarnya membangun PLTMG kapasitas 50 MW dan beberapa Gardu Induk. Kami tidak hanya bekerja, tapi juga memperhatikan lingkungan. Sehingga dapat dirasakan masyarakat," terang Tona.

Hadir dalam kegiatan penanaman pohon tersebut, Perwakilan pemilik ulayat, Orpa Osok, Kapolres Sorong Kota, AKBP Mario Siregar, Pasiter Korem 171 PVT, Kapten inf. Muchlison, Manager Bank Mandiri, Orpha Ola Jitmau, Kepala OPD terkait, pelajar dan tentara. Sejumlah peserta berharap, pohon yang mereka tanam dapat tumbuh besar dan bermanfaat bagi warga Kota.*