Hadiri Pelantikan Pengurus KNPI Papua, Gubernur Minta Pemuda Terlibat Pelaksanaan PON

Gubernur Papua, Lukas Enembe berfoto bersama Pengurus DPD KNPI Papua yang baru dilantik/Andi Riri

JAYAPURA, – Gubernur Papua, Lukas Enembe mengharapkan  pemuda Papua terlibat dalam pelaksanaan PON XX tahun 2020 yang akan diselenggarakan di Bumi Cenderawasih.

Harapan ini disampaikan Gubernur saat menghadiri pelantikan dan pengukuhan pengurus DPD KNPI Papua periode 2018 - 2021 di Jayapura, Senin (19/11).

Sedikitnya 500 pengurus yang dinakhodai oleh Albert Wanimbo resmi dilantik. 

“PON diselenggarakan di Provinsi Papua yang akan melibatkan pemuda Indonesia, melibatkan pemuda Papua dalam pelaksanaan iven olahraga empat tahunan tersebut,” ujarnya

Oleh sebab itu, lanjut dia, dalam menyambut PON tersebut pemuda KNPI Papua harus betul-betul menyiapkan dengan baik pemuda Papua yang akan terlibat dalam ivent olahraga nasional tersebut.

“Pastikan kita akan siapkan pemuda Papua untuk terlibat dalam PON,” tegasnya.

Dikatakan,  KNPI yang saat ini mempunyai pengurus terbanyak se-Indonesia agar kompak menunjukkan bahwa pemuda papua dapat melakukan perubahan dan pembangunan bagi Indonesia khususnya Papua.

“Saya menyampaikan terimakasih kepada knpi pusat yang selalu membawa nama baik papua di tingkat nasional,”ucapnya.

Gubernur berharap kedepa KNPI dapat melakukan pembinaan terhadap pemuda papua yang bertanggung jawab du masa depan. 

"Jika dibina dengan baik pasti akan jadi pemimpian, oleh karena itu pemuda harus memiliki keterampilan serta bertanggungjawab demi masa depan yang lebih baik,” tukasnya.

Pecahkan Mitos

Ketua DPP KNPI, Muh Rifai Darus mengatakan, mitos tentang KNPI Papua terpecahkan, yang mana sebelumnya ketua pertama sampai terakhir hanya berasal dari 3S (Sorong, Sentani dan Serui), kini Ketua DPD KNPI Papua dimpin oleh pemuda Mamberamo Tengah.   

"Bung Wanimbo mampu pecahkan mitos itu. Saya kira ini sesuatu yang membawa kedekatan diantara kita, tidak bicara soal parsialistik tetapi ada semangat diantara kita, kebangkitan pemuda Papua sudah merata. Mulai dari pantai ke gunung, semua menyatu dalam semangat membangun pemuda Indonesia yang ada di tanah Papua," katanya.

Tenaga Relawan

Sementara itu Ketua DPD KNPI Papua, Alberth  G. Wanimbo,  mengatakan sedikitnya 9000 tenaga relawan yang terdiri dari pemuda Bumi Cenderawasih ini akan ditempatkan di lima kluster terselenggaranya PON 2020 yakni Kota/Kabupaten Jayapura (terhitung satu wilayah), Mimika, Biak, Merauke dan Jayawijaya.

 "PON XX pada 2020 ini merupakan momen besar sehingga sebagai pemuda harus ikut berpartisipasi untuk mensukseskan penyelenggaraannya," katanya.

Menurut Albertho, pemuda Papua memiliki banyak potensi hanya saja tidak banyak cukup ruang yang tersedia untuk memberdayakannya sehingga dengan adanya PON dapat menjadi ajang menggali potensi diri.

"Misalnya dalam seni ukir dan lukis, potensi dan keterampilan yang dimiliki para pemuda Papua dapat direalisasikan menjadi cenderamata atau suvenir PON sehingga ikut meningkatkan ekonomi kreatif,"katanya.*